Mitos Website Yang Terkena Suspend

Posted on 7 Juni 2013

3


Pengalaman website yang terkena suspend atau akun deactivated dari penyedia hosting adalah hal buruk dan sangat menggalaukan. Bagaimana tidak? Kita sudah baik-baik mengikuti TOS, bahkan kita pun sudah menghindari beberapa hal yang dapat mengganggu kesehatan server. Tapi hosting terkadang melakukan suspend secara sepihak tanpa pemberitahuan dan notifikasi.

Di sini saya akan mencoba curhat tentang pengalaman pada salah satu blog saya yang terkena suspend oleh penyedia hosting. Dimana pada suatu waktu, secara tiba-tiba saat membuka blog tersebut, dengan Pede-nya muncul “Your website is suspended”. Ah… mengerikan pokoknya !

Selanjutnya saya mencoba menghubungi pihak administratos hosting, dan Alhamdulillah masih mendapat jawaban. Dia berkata bahwa website Anda telah melebihi resource dan bisa mengganggu client lain. Oke !

Solusinya ?

Saya membalas sms tersebut, dengan menulis “Bagaimana solusinya? Jika diharuskan melakukan upgrade, saya siap pak !”. Tidak ada jawaban. Malah, website resmi hosting tiba-tiba maintenance pula. Benar-benar pengalaman buruk, dan ini untuk kali kesekian saya mendapat masalah dengan hosting Berbayar.

Yang menjadi mitos tentang website saat terkena suspend sepihak adalah

  1. Mengapa dilakukan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada client ?
  2. Apakah penyedia tidak mempunyai cara yang lebih sehat tanpa melakukan suspend sepihak ?
  3. Umumnya website yang terkena suspend adalah website aktif dan sering diupdate.
  4. Terkadang website baik-baik dan dengan konten baik pun masih terkena suspend
  5. Solusi jika website Anda terkena suspend adalah meminta backup data
  6. Solusi terakhir, Pindah hosting ke penyedia terpercaya
Iklan
Posted in: Coretan Biasa