Memilih Hosting Sebelum Menyesal

Posted on 11 Juni 2013

2


Memilih hosting yang terbaik merupakan sesuatu yang wajib untuk seorang web developer maupun web master. Apalagi untuk pengguna yang masih awam di dunia per-website-an. Alangkah baiknya jika teman-teman ingin mempublish websitenya menggunakan hosting, saya sarankan untuk mendiskusikan terlebih dahulu dengan teman Anda yang sudah terbiasa di dunia web atau hosting.

webhosting

hosting – image by (instacarma.com)

Saya akan menceritakan pengalaman pribadi ketika saya menyewa hosting untuk keperluan website client dan website pribadi saya. Karena dulunya saya memang awam di dunia hosting, saya melihat ada penyedia yang menawarkan harga yang sangat murah. Bahkan di bawah standar hosting-hosting lainnya.

Saya rasa di awal kualitasnya cukup baik, mulai dari customer service, dan beberapa fitur control panel web yang lengkap. Tapi dipertengahan masa, saya merasa ada yang aneh dengan penyedia ini.

  • Website Sering down tanpa pemberitahuan
  • CS sering offline dan sulit dihubungi
  • Server mulai sering ngadat.
  • Bahkan, suatu kali website saya pernah di banned tanpa pemberitahuan dan tanpa alasan yang cukup jelas.

Nah, karena kejadian itu, saya berniat untuk pindah haluan ke hosting yang lebih bagus, terpercaya, dan tentunya sudah memiliki banyak klien. Meskipun harganya relatif lebih tinggi dari hosting lama saya.

Di Indonesia, saat ini memang banyak penyedia hosting yang menawarkan fitur-fitur lengkap dan dengan harga yang sangat miring. Namun, saya harap teman-teman berhati-hati dengan hosting seperti ini. Lebih baik membayar lebih mahal, dengan fasilitas standar tapi CS-nya ramah dan support 24 jam. Dari pada memilih yang murah dengan fasilitas Wah.. tetapi support-nya kurang baik.

Berikut adalah tips dari saya bagi teman-teman yang ingin memilih hosting :

  • Pastikan hosting memiliki Customer Service 24 Jam / 1 Minggu.
  • Ketersediaan support berupa Telepon, Chat online atau YM, SMS, dan Forum.
  • Lebih baik jika hosting tersebut telah memiliki Klien-klien yang terpercaya.
  • Diskusikan dengan teman yang lebih tahu mengenai hosting.

Sebelum terlambat dan menyesal, berikut saya tuliskan beberapa hosting di Indonesia yang sudah cukup terpercaya :

  1. masterweb.net
  2. idwebhost.com
  3. rumahweb.com
  4. indowebsite.net
  5. baliorange.net
  6. griyahosting.com
  7. idhostinger.com
  8. dapurhosting.com
  9. ardhosting.com
  10. qwords.com
  11. atau cek di sini http://www.diskusiwebhosting.com/direktori/daftar-jasa-web-hosting-indonesia.php