[Studi Kasus] Kendala Pengrajin di Indonesia

Posted on 15 Mei 2011

5


Pengrajin Indonesia (jogjaphoto.net)

Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi alam maupun sumber daya. Dengan kekayaan tersebut sebenarnya masyarakat dapat memanfaatkan semuanya dengan sebaik mungkin untuk menyokong penghidupan dan kemakmuran dengan syarat masyarakat harus selalu kreatif dan inovatif untuk mengembangkan hasil-hasil alam yang melimpah ruah tersebut.

Salah satu kekreatifan sebagian masyarakat kita adalah dengan adanya mata pencaharian yang bernama Pengrajin. Pengrajin di sini maksudnya adalah seseorang yang mampu menghasilkan produk-produk kerajinan tangan yang dibuat dengan berbagai bahan-bahan dari alam maupun bekas dan memiliki nilai jual.

Pengrajin di Indonesia biasanya menghasilkan produk-produk seperti batik, sandal kayu, gantungan kunci kayu, asbak, peralatan musik, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh beberapa pelaku atau pengrajin-pengrajin pernik yang manjadi ciri khas negeri ini. Diantara kendala paling sering yang dihadapi adalah menyangkut masalah pemasaran. Karena para pengrajin umumnya hanya berstatus bisnis rumah tangga, sehingga menyulitkan mereka untuk memasarkan hasil produknya.

Masalah lain yang dihadapi oleh pengrajin adalah minimnya perhatian pemerintah. Menurut berbagai sumber berita, kendala terletak pada modal utama dalam usaha kerajinan seperti ini. Jika pemerintah tidak menghiraukan, pastilah daya kreatifitas mereka akan sulit tersampaikan karena minimnya modal. Bahkan untuk pengrajin tingkat lanjut dapat mengalami gulung tikar, karena seperti yang telah dibahas di atas bahwa pengrajin umumnya adalah berstatus rumah tangga.

Selain membutuhkan kesabaran yang tinggi dalam pembuatan berbagai pernik kerajinan tangan, mereka juga membutuhkan suntikan dana yang dapat menunjang pekerjaan mereka dalam berkreasi.

Satu lagi permasalahan yang sebenarnya adalah hal sepele namun perlu diperhatikan guna memperluas jaringan bisnis bagi pengrajin-pengrajin. Hal tersebut adalah penguasaan Teknologi Informasi yang masih menjadi kendala bagi para pengrajin untuk melebarkan sayap mereka di dunia maya.

Promosi di bidang internet sebenarnya adalah makanan yang lezat bagi pengrajin, jika mereka memang mau belajar Teknologi Informasi. Sebab internet sekarang ini menjadi pasar yang sangat strategis bagi para pelaku usaha di berbagai bidang.

Satu solusi yang akan saya paparkan secara singkat di sini adalah dengan membuat sebuah portal e-commerce yang dapat menyokong dan membantu para pengrajin untuk memasarkan berbagai produk mereka baik untuk pasaran lokal maupun internasional. Setelah di desain dengan sedemikian rupa, diharapkan situs e-commerce tersebut dapat menjadi wadah online yang dapat meningkatkan taraf hidup para pengrajin.

source gambar : www.jogjaphoto.net

Iklan
Ditandai: ,
Posted in: IT