Mudahnya Menggabungkan File PDF

Posted on 2 April 2011

5


Menggabungkan File PDF

Sampai dengan detik ini, siapa yang tidak pernah mendengar sebuah kata bernama “PDF”? PDF kepanjangan dari Portable Document Format, suatu format yang dibuat agar dokumen dapat dijadikan portabel, sehingga pengguna dapat membukanya di komputer mana saja asalkan di komputer tersebut telah terinstall PDF reader. Dalam pengertian lain PDF diartikan sebagai suatu format yang merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik.

Mengenai dua dimensi, sebetulnya saat ini PDF telah mampu untuk menampung file yang berbobot tiga dimensi, tentu karena perkembangan teknologi yang semakin memukau manusia. Kemudian dari pada itu, format PDF juga tidak mudah untuk kita edit. Diperlukan suatu kata sandi dan trik tertentu untuk mengeditnya.

Beralih ke topik PDF lain, pernahkah Anda mempunyai file-file PDF yang ingin digabungkan sehingga  dapat menjadi satu file? Bagi pengguna Linux maupun Windows janganlah khawatir, hal tersebut akan teratasi dengan memakai dua aplikasi berbeda untuk masing-masing platform. Menurut pengalaman memakai Windows, Anda dapat memanfaatkan software bernama pdfmerge, dan untuk Linux seperti Ubuntu/Fedora/BlankOn kita dapat memanfaatkan aplikasi super kecil bernama Pdf-Shuffler.

PDF Shuffler for Linux Human

PdfMerge for Windows

Aplikasi ini merupakan aplikasi kecil dan mempunyai GUI yang sederhana, user friendly, selain itu juga gratis. Di dalam aplikasi ini, kita dapat melakukan drag and drop file-file PDF agar kita dapat mengurutkan sesuai kebutuhan. Perlu diketahui juga bahwa besar file aplikasi ini kurang dari 1MB atau lebih tepatnya 755KB untuk versi terbarunya.

Anda dapat mengumpulkan informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini dengan masuk ke  http://pdfmerge.en.softonic.com/, di situs tersebut kita dapat melihat deskripsi maupun review aplikasi kecil ini.

Download http://pdfmerge.en.softonic.com/download

Pdf-Shuffler for Linux

Pengguna Linux jangan sampai patah hati untuk urusan menggabungkan file PDF ini. Karena setelah saya kroscek di repositori Ubuntu 10.04 terdapat beberapa software yang dapat dimanfaatkan untuk urusan ini, dan salah satu aplikasi yang cukup mencengangkan adalah Pdf-Shuffler. Kenapa mencengangkan? Karena besar aplikasi ini hanya berkisar 70-an KB, walaupun aplikasi ini telah menyokong GUI dan bukan under terminal.

Karena telah tersedia di repositori lokal, jadi kita dapat dengan mudah memasangnya ke OS Linux tercinta. Masuklah terminal dan ketikkan command “sudo apt-get install pdfshuffler”. Atau bisa juga Anda cari di Synaptic Package manager untuk pengguna Ubuntu dan kawan-kawan.

Setelah aplikasi Pdf-Shuffler terinstal, kita dapat menggabungkan beberapa file PDF dengan mengklik button “Import Pdf” terlebih dahulu untuk mencari file mana saja yang ingin digabung. Dan mengklik button “Export Pdf” untuk menggabungkannya. Cukup simpel dan mudah bagi pengguna awam.