Suka Duka Programmer Open Source

Posted on 30 Maret 2011

3


it's open source

Programmer adalah seseorang yang memegang peranan penting dalam pembuatan suatu aplikasi, dialah yang bertanggung jawab atas semua listing kode yang ia buat. Karena sebuah aplikasi yang besar membutuhkan source code dan algoritma yang rumit. Membicarakan mengenai source code, tentu kita pernah mendengar apa itu open source software.

Open source software merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh perseorangan (individu), komunitas maupun instansi dimana user atau pemakai dapat melihat kode sumber program tersebut. Bukan hanya itu saja, pemakai pun dapat mengembangkan dan kemudian mendistribusikan kembali program tersebut agar lebih berguna di masyarakat. Dalam hal ini open source merupakan software yang gratis dan pengguna tidak akan dibebani biaya lisensi.

Dalam pikiran kita, seorang programmer yang membuat free and open source software tidakkah ia mendapatan keuntungan jika ia membuatnya susah-susah lalu diedarkan secara gratis, mengapa ia melakukan hal yang demikian? Apakah hanya kepentingan berbagi ilmu saja atau mungkin memang ada hal yang disembunyikan. Dalam berbagai diskusi mengenai open source software di dunia maya, rata-rata para programmer tersebut memang ingin berbagi ilmu dengan membuat software dengan sumber terbuka, faktualnya dengan membuat dan mendistribusikan secara gratis, hal ini akan menjadi alternatif bagi seorang pengguna komputer yang terbentur masalah biaya lisensi dan meminimalisir penggunaan illegal software. Di sisi programmer ia akan punya kebanggaan dan rasa senang karena aplikasinya dapat dimanfaatkan, dan di sisi pengguna pun senang karena aplikasinya membantunya untuk berkomputasi sehari-hari tanpa biaya lisensi namun berkualitas.

Pada diskusi lain juga disebutkan bahwa pendapatan atau keuntungan uang yang didapat hanyalah dari donasi dari pemberian pengguna, ambil contoh lagi adalah Wikipedia yang pendapatannya memang dari sistem donasi seperti ini. Pendapatan dari donasi memang tidak sebesar dan sebanyak dibanding sistem advertising, karena sistem open source seperti ini mempunyai motto “terselubung” yaitu dari kita, untuk kita dan oleh kita, semuanya bergantung bantuan dari semua lapisan pengguna sistem.

Selain itu ada juga software yang bersifat open source namun tidak serta merta didapatkan dengan cara gratis alias berbayar. Mungkin pembuat merasa bahwa software yang ia buat mempunyai fitur maupun fasilitas yang lebih lengkap dan kompleks dari software lain.

Programmer open source umumnya mempunyai inisiatif menciptakan sesuatu secara “ikhlas” tanpa memikirkan uang atau kontribusi end-user, programmer hanya membutuhkan bantuan dalam hal pengembangan software tersebut, karena software seperti ini memang bergantung dari aspek kontribusi pengguna. Dengan adanya bantuan tersebut, maka free and open source software perkembangan akan menjadi signifikan dan lebih dipercaya kehandalannya.

Pertanyaannya, Apakah Anda bisa menjadi programmer yang seperti mereka ini?

Posted in: IT, Linux, software