Facebook Dahulu vs Facebook Hari Ini

Posted on 30 Maret 2011

8


Facebook is Fun🙂

Facebook merupakan sebuah engine media sosial yang luar biasa. Hampir tidak dapat diuraikan dengan kata-kata mengenai kekomplekan sistem yang dimiliki Facebook. Algoritma pemrograman yang sangat terstruktur dan dibuat dengan sangat baik oleh para developer terbaik pula. Sehingga pada akhirnya Facebook menjadi rajanya media sosial di jagad raya ini.

Hampir semua orang mulai dari anak SD hingga orang tua telah mengenal web yang awalnya diprakarsai oleh Mark Zuckerberg ini. Dia adalah milyarder muda, dan menjadi salah satu orang yang terkaya di dunia. Dengan menggunakan Facebook, setiap orang dapat dengan mudah bersilaturahmi dan mempererat tali persaudaraan ke saudara, teman, karib, maupun orang di belahan dunia sana yang mungkin tidak bisa kita temui lewat dunia nyata. Berbagai fasilitas yang dimiliki Facebook juga melimpah dan sangat efektif, seperti fitur grup yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan komunitas maupun fitur chat Facebook yang memudahkan pengguna berinteraksi dengan sesama dan fitur-fitur seperti ini sangatlah jarang ditemui di media sosial lain.

Namun seiring berjalannya waktu, pengguna Facebook banyak yang beranggapan dan menyimpulkan bahwa Facebook dijaman sekarang tak sedinamis Facebook di masa lalu, meskipun pengguna Facebook semakin bejibun, akan tetapi masih ada beberapa permasalahan baik dari para pemakai maupun pihak Facebook sendiri yang menjadikan sistemnya kurang menarik. Lantas, apa saja fenomena-fenomena tersebut? Berikut adalah perbandingan Facebook dahulu dengan Facebook hari ini,

  • Pengguna Semakin Apatis

    Apatis bila kita artikan adalah suatu sikap yang tidak peduli dengan permasalahan sekitar.
    Facebook Dahulu: Intensitas seseorang yang memberikan komentar ke status teman cukup tinggi, biasanya akan tercipta suatu komunikasi yang lebih beragam dan menarik.
    Facebook Hari ini: Pengguna sekarang banyak yang bersifat apatis, walaupun ia melihat status teman dekatnya, ia tidak akan menanggapi. Sehingga saat ini intensitas komentar maupun komunikasi melalui Facebook agaknya menjadi kurang menarik dan diantara teman menjadi kurang responsif. Inilah kenyataan saat ini. Bertaubatlah Hai Orang-Orang Yang Apatis !

  • Facebook sebagai media e-commerce

    Facebook Dahulu: Jual beli menjadi hal yang cukup tabu di masa-masa Facebook awal, karena Facebook merupakan media sosial bukan media e-commerce atau perdagangan
    Facebook Hari ini: Banyaknya pengguna menyebabkan beberapa orang memanfaatkan media ini untuk melakukan perdagangan barang, meskipun bukan merupakan tindakan yang merugikan pengguna lain, namun tindakan tag foto secara besar-besaran menyebabkan beberapa pengguna kurang nyaman.

  • User Interface dan sistem yang berubah-ubah

    Facebook Dahulu: Gaya tampilan Facebook dahulu merupakan tampilan yang klasik dan enak dipandang mata.
    Facebook Hari ini: Pengguna banyak yang mengeluhkan mengenai sistem dan tampilan yang sering kali diubah-ubah, walaupun semakin canggih namun beberapa teknologi yang diterapkan Facebook agaknya ada sebagian yang kurang disukai pengguna, terutama pada Facebook Mobile.

  • Security is important

    Facebook dahulu: Masih sedikit serangan-serangan hacker ataupun cyber crime dengan menggunakan Facebook.
    Facebook hari ini: Facebook menjadi media yang cukup diminati oleh para Hacker maupun seorang yang berniat mencari keuntungan pribadi semata, salah satu contohnya adalah iklan advertising Facebook yang terkadang menampilkan berita yang tidak disortir terlebih dahulu, padahal berita tersebut lebih merujuk untuk orang dewasa. Selain itu masalah Phishing, Scam dan Cyber Crime masih mengancam.

Posted in: Internet, IT