Dia, Diagram Editor untuk Linux dan Windows

Posted on 30 Maret 2011

8


Sebelum membuat sebuah aplikasi atau software dengan tingkat kekomplekan tinggi, tentu diperlukan perhitungan dan perencanaan yang sangat matang, serta harus melewati life cycle tentang pembuatan software, mulai dari analisis hingga pengembangannya. Bagi seorang analisis adalah suatu kewajiban untuk membuat desain sistem yang nantinya dilakukan oleh software tersebut ke sebuah diagram atau flowchart agar lebih mudah dibaca dan dipahami.

Diagram tersebut meliputi DFD, ERD, Class Diagram, Use Case Diagram dan lain sebagainya. Maka dari itu digunakanlah sebuah software yang fungsinya untuk membuat gambar-gambar yang menyangkut diagram tersebut. Bagi pengguna Linux seperti Ubuntu, Fedora atau distro lain, salah satu software yang dapat dimanfaatkan untuk membuat diagram-diagram tersebut adalah Dia“.

Dia” adalah sebuah free and open source software yang fungsinya untuk membantu pembuatan dan perencanaan diagram agar lebih terstruktur. Aplikasi ini memiliki kelebihan, salah satunya adalah dapat berjalan di berbagai platform seperti Windows dan Mac Os, bukan hanya Linux.

Contoh Pembuatan Diagram

Di dalam situsnya disebutkan bahwa “Dia” memang dibuat karna diilhami oleh program populer keluaran Microsoft yang bersifat komersial namun berbayar bernama Visio. “Dia” dapat dimanfaatkan oleh para analisis untuk membuat diagram antar entitas, diagram UML, diagram alur, bahkan diagram networking Cisco. Karena bersifat open source, kita pun dapat pula menambah bentuk atau objek baru, dengan membuat file XML sederhana berformat .SVG (umumnya dibuat dengan Inkscape).

 

Untuk menjajalnya, Anda dapat berkunjung ke situs resminya di http://live.gnome.org/Dia, serta menemukan informasi pemecahan permasalahan/bug terbaru pada program “Dia” agar dapat berjalan lebih baik di berbagai platform operating system. Oh iya, ini hanya berukuran kira 18MB, selain enteng tidak membutuhkan banyak alokasi memori saat menjalankannya.

Download bagi pengguna Linux di http://ftp.gnome.org/pub/gnome/sources/dia/ dan pengguna Windows di http://dia-installer.de/