Sekilas Tentang Aiki Framework

Posted on 28 Maret 2011

0


Aiki Framework

Pernahkah Anda menggunakan sebuah CMS (Content Management System) semisal WordPress untuk keperluan blogging seperti saya ini? Namun sebelum menjawabnya, alangkah baiknya kita untuk lebih dekat dengan apa itu yang dinamakan dengan CMS. CMS sendiri merupakan sebuah web / media yang memungkinkan kita untuk mengelola semua bagian / konten pada blog, website maupun aplikasi web kita. Di ranah dunia maya, banyak sekali CMS yang dapat kita manfaatkan untuk keperluan tersebut, semisal WordPress, Joomla, Blogspot, Drupal dan lain sebagainya.

Dari nama-nama di atas tentu ada sebagian dari kita yang mengenal baik tentang CMS tersebut. Di sisi lain, bagi seorang developer yang ingin bermanuver untuk menciptakan CMS (Content Management System) kreasinya, ia dapat memanfaatkan sebuah alat yang bernama Framework. Dan salah satu Framework yang cukup menarik untuk kita tilik saat ini adalah Aiki Framework. Aiki merupakan sebuah platform web 2.0 yang fleksibel, bersifat free dan open source, dan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh para developer maupun programer web untuk membuat dan bekerja dengan CMS tersebut. Aiki Framework saat ini telah mulai digunakan oleh beberapa developer Linux untuk menghasilkan aplikasi web yang cukup interaktif, salah satu penggeraknya ialah seorang Jon Phillips.

Untuk para programmer pemula, akan lebih baik menggunakan platform yang satu ini, karena kemudahannya dalam hal pengelolaan dan pengembangan lebih lanjut. Disamping itu, Aiki Framework juga mempunyai desain interface yang baik. Dari sini pula, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Aiki Framework, diantaranya adalah:

  • Dengan menggunakan Aiki, kita dapat dengan mudah membuat sebuah situs yang komplek.
  • Membuat kita lebih terfokus dalam pembuatan situs.
  • Aiki Framework menempatkan bagian-bagian site yang kita buat, ke dalam bagian yang lebih teratur dan mudah dipahami
  • Powerfull. Memungkinkan kita untuk menulis sintaks SQL di dalam HTML.

Desain dashboard Aiki Framework dapat pula kita rubah sesuai keinginan kita, agar dapat terlihat dan bekerja lebih baik. Aiki juga mempunyai engine yang diklaim lebih baik dari beberapa CMS seperti Drupal, MediaWiki, WordPress maupun ccHost. Karena setelah diadakan tes dengan berbagai model terlihat jelas Aiki sedikit lebih baik. Bisa kita lihat dokumentasinya di http://www.aikiframework.org/wiki/FAQ

Oepn ClipArt Library Menggunakan Engine Aiki

Mungkin suatu waktu Anda diberi sebuah proyek untuk membuat suatu layanan sistem informasi website atau aplikasi web, maka tidak ada salahnya untuk mengintegrasikan proyek Anda itu dengan Aiki Framework ini. Untuk mencoba Framework Open Source ini, kita dapat mengunjungi situs resminya di http://www.aikiframework.org dan jangan lupa juga untuk melihat video tutorial bagi pemula di bagian http://www.aikiframework.org/tutorials. Oh iya, engine Aiki Framework juga dipakai oleh beberapa website seperti

Posted in: IT, Linux