Tips Mempercantik Desktop Ubuntu

Posted on 27 Maret 2011

11


Desktop Linux

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang menjadi favorit banyak orang, dari pada distro lain, Ubuntu merupakan distro yang paling banyak dipakai oleh penikmat Linux, karena Ubuntu memiliki dukungan yang baik dan komunitas yang banyak. Walhasil Ubuntu merangsek menjadi distro Linux yang sangat populer di jagad raya.

Pada distro Ubuntu dan keluarganya seperti Linux Mint ataupun Blankon, sebenarnya kita dapat dengan bebas melakukan perombakan tema (theme) agar terlihat lebih menarik dari yang biasanya. Kita dapat melakukan perubahan seperti pada warna dasar tema, kulit tema, windows border, icon, maupun pointer. Akan lebih menarik lagi jika kita mendownload tema-tema untuk Ubuntu yang saat ini banyak tersedia di dunia maya.

Secara default, Ubuntu memang mengizinkan user untuk melakukan kustomisasi. Dan berikut adalah cara bagaimana melakukan perombakan pada tema.

  • Klik kanan di area Desktop, lalu pilih Change Desktop Background,
  • Kemudian pilih tab Theme, lalu klik bagian Customize.
  • Dari jendela Customize Theme inilah kita dapat mengganti-ganti pengaturan kulit luar, icon maupun pointer default Ubuntu.
  • Jika telah selesai melakukan perombakan, maka klik Close.

Bukan hanya itu saja, di repository-nya,  Ubuntu juga telah menyediakan beberapa tema tambahan yang bisa kita install untuk mempercantik Desktop kita. Cara yang paling mudah adalah dengan masuk ke Synaptic Package Manager, lalu pada bagian Quick Search ketikkan keyword “Theme”, maka akan tampil beberapa tema yang dapat kita install.

Selain itu, kita dapat pula menginstall tema-tema dari pihak ke tiga. Untuk urusan ini kita memang harus mencarinya secara manual melalui internet. Walaupun begitu, kualitas tema-tema dari pihak ketiga juga tidak kalah keren dan jangan ragu untuk menjajal tema-tema tersebut.

Ubuntu Setelah Dirombak

Berikut adalah beberapa situs penyedia tema ataupun tools untuk mempercantik desktop Ubuntu Anda:

Dengan melakukan perombakan tema, maka desktop akan lebih cantik dan kita pun tidak akan bosan bekerja dengan sistem operasi Ubuntu. Untuk lebih mempercantik lagi, kita juga dapat menambahkan asesoris lain seperti Compiz (Memberi Efek pada Ubuntu), Cairo-Dock (Memberi icon Docklet pada Desktop), atau ScreenLets (Widget pada Desktop).

Posted in: IT, Linux, software