Berbagi Gambar Vektor di Open Clipart Library

Posted on 27 Maret 2011

1


Inkscape

Semua desainer grafis pasti paham apa yang disebut dengan gambar vektor. Arti singkatnya adalah gambar yang apabila dilakukan zoom terhadapnya, maka kualitasnya tidak akan berkurang atau pecah. Untuk membuat gambar vektor, ada dua software grafis populer yang biasa dipakai oleh para desainer yaitu CorelDraw dan Inkscape.

CorelDraw adalah software berbayar yang sangat powerfull dan banyak digunakan untuk menghasilkan gambar-gambar vektor, namun Inkscape lebih menarik lagi. Inkscape merupakan software yang mirip dengan CorelDraw namun aplikasi ini bersifat Free sekaligus Open Source. Inkscape saat ini banyak digunakan, karena telah mengalami kemajuan seiring zaman. Kemampuannya juga tidak kalah dibanding software-software grafis berbayar.

Inkscape umumnya dipakai oleh seorang yang menggunakan OS Linux, selain itu para pemakai Windows juga mulai menyukai software ini. Inkscape menghasilkan gambar dengan format .SVG (Scalable Vector Graphic) yang mempunyai segudang kelebihan dibanding format vektor lain.

Diantara kelebihan format ini antara lain adalah:

  1. Dapat dibuka dengan menggunakan aplikasi teks editor seperti Gedit atau Notepad, karena .SVG merupakan vektor yang dihasilkan dari kumpulan script.
  2. File .SVG berukuran lebih kecil dan dapat dikompresi dibanding file gambar lain seperti .JPEG dan .GIF
  3. Bersifat Skalabel atau dapat di-resize.
  4. Dapat dicetak dengan kualitas yang sangat tinggi dan sama baik pada berbagai resolusi.
  5. .SVG merupakan open standart, sebuah standart ekstensi terbuka.
  6. Dan masih banyak lagi, (baca juga di http://id.wikipedia.org/wiki/SVG)

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan Inkscape dan banyak menghasilkan gambar-gambar vektor dengan format .SVG, tak ada salahnya untuk berbagi ilmu dan ide dengan mengupload gambar-gambar tersebut ke Open ClipArt Library, sebuah proyek website yang dibuat untuk menampung gambar-gambar berformat .SVG dan dapat diunduh secara gratis oleh semua orang. Sangat jelas bahwa ini adalah sebuah proyek terbuka, kita dapat berbagi ilmu grafis dengan ikut serta dalam proyek Clip-Art tersebut.

Your Library

Karena sudah selayaknya ilmu yang kita miliki dapat kita tularkan ke orang lain, walaupun dalam bentuk vektor. Tidak ada salahnya untuk ikut serta dalam proyek Open ClipArt Library tersebut. Nantinya gambar vektor yang kita upload telah menjadi lisensi publik dan setiap orang berhak atau dapat membagikannya lagi ke lainnya maupun mengembangkan agar lebih baik.

Jika gambar vektor yang kita upload digunakan orang lain dan dimanfaatkan untuk keperluan mulia, dalam hati kecil kita pasti akan terbersit rasa senang karena telah membantu orang lain. Oh iya, di situs tersebut kita pun dapat mendownload arsip gambar-gambar yang telah dikumpulkan sebelumnya. Sebelum berkontribusi di Open ClipArt Library, kita harus mendaftar menjadi anggota terlebih dahulu. Setelah itu kita dapat membagikan hasil vektor kita kepada seluruh orang yang membutuhkan.

Jangan lupa, kunjungi juga ClipArt .SVG hasil karya saya sendiri di http://www.openclipart.org/user-detail/mkhuda .

Posted in: IT, Linux, software