Firefox Versi Mobile

Posted on 26 Maret 2011

2


Firefox Mobile

Mozilla Firefox, browser yang terkenal mempunyai kemampuan luar biasa dan memiliki pengguna paling banyak ini memang tidak dikhususkan untuk versi desktop saja, namun juga untuk versi yang lebih mini, yaitu Mobile. Dinamakan Firefox Mobile karena browser ini memang dikhususkan untuk pengguna telephon genggam dengan spesifikasi khusus seperti sistem operasi Android atau pun mobile phone lain yang mendukung touch screen.

Walaupun versi mobile, akan tetapi browser yang berlogo serigala ini menawarkan fitur-fitur yang sangat lengkap. Diantara fitur-fitur tersebut adalah seperti Stay in Sync, yang berfungsi untuk mensinkronisasi data-data history, password, bookmark maupun even lain ke komputer desktop Anda. Salah satu fitur menarik lainnya adalah Anda dapat mengkostumisasi tema, fungsinya seperti Personas pada Firefox versi Desktop.

Untuk pengguna mobile phone Android atau mobile phone yang pastinya telah mendukung touch screen, maka fitur-fitur touch pada Firefox Mobile bisa dibilang cukup menarik, karena Firefox Mobile ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan para pengguna. Beberapa fasilitas Touch yang dimiliki browser ini adalah “Browsing: Yes, Clutter: No”, maksudnya karena desain UI Firefox Mobile dibuat untuk memudahkan para pengguna touch screen mobile. Fasilitas lainnya adalah Zoom!, Tabbed Browsing, dan One Touch Bookmarking.

Firefox Mobile mempunyai keunggulan tersendiri pada masalah performa. Dibanding browser mobile lainnya,Firefox Mobile memiliki fitur Super Speed, karena browser ini dibuat dengan engine yang sama seperti versi desktopnya, sehingga performa kecepatannya pun tidak perlu dihiraukan lagi. Dalam hal produktifitas, Firefox Mobile menanamkan fitur Download Manager dan juga fitur opsional seperti Location-Aware Browsing untuk menemukan tempat-tempat penting seperti restoran atau pom bensin.

Firefox versi mobile ini bisa jadi adalah pilihan Anda, karena selain fitur dan kelengkapan yang telah dikemukakan di atas masih banyak keunggulan lain yang dimiliki Firefox Mobile ini, seperti Security yang lebih baik, telah mendukung HTML5, CSS, maupun Javascript, dan juga kelebihan lain yang bisa Anda temukan melalui situs resminya di http://www.mozilla.com/en-US/mobile/features/.

Bagi para developer mobile tidak usah khawatir. Sebab pihak Firefox juga merilis Firefox Mobile yang dapat diinstall ke dalam komputer Desktop maupun notebook dengan OS Windows, Linux, maupun Mac, tentu saja adalah untuk menjajal kemampuan Firefox Mobile maupun percobaan add-ons seusai dibuat. Dalam hal ini, memang dikhususkan untuk para developer software.

Jika sudah tidak sabar lagi untuk mencoba Firefox Mobile ini, kunjungilah situs Firefox Mobile di http://www.mozilla.com/en-US/mobile/download/. Selamat Mencoba !