Audacious, MP3 Player Untuk Linux

Posted on 25 Maret 2011

8


Audacious

Salah satu alternatif bagi pengguna Linux untuk memutar file musik berformat .mp3 adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Audacious. Audacious merupakan software pemutar mp3 yang menawan namun sederhana. Disamping itu player ini juga bersifat ringan alias tidak membutuhkan banyak resource memori untuk menjalankannya.

Selain berbasisi GTK2, aplikasi yang dapat berjalan pada seluruh platform Linux dan UNIX ini sangat berfokus pada kualitas audio dan juga audio codec. Jika di Windows kita biasa mengenal player musik bernama Winamp ataupun Amp, maka di Linux kita akan mengenal Audacious ini. Karena aplikasi ini memang dibuat mirip dengan Winamp, sehingga dapat menjadi alternatif pengguna Linux yang mungkin bingung memilih player mp3 untuk OS Linux mereka.

Dari sisi tampilan, Audiacious versi 2.3 yang saya gunakan untuk OS Linux Mint 9 (based on Ubuntu 10.04) memang hampir mirip seperti player Winamp di Windows. Tools yang memudahkan pengguna juga menjadi kelebihan Audacios, disamping pengaturan Equalizer yang komplit. Pada bagian Audacious Preference, kita dapat memberi pengaturan terhadap player ini, seperti mengganti skin atau menambah plug-in untuk memaksimalkan Audacious agar tampil lebih baik.

Bahkan di situsnya, pihak Audacious menuturkan bahwa pemutarnya lebih baik dari Gstreamer, sebuah framework multimedia untuk Linux. Player yang mirip Winamp ini sebenarnya merupakan cabang dari XMMS. Untuk mencoba aplikasi ini, Anda dapat berkunjung ke situs resminya yang beralamat di http://audacious-media-player.org/, melalui situs tersebut kita dapat pula mengunduh plug-in Audacious yang mungkin akan dibutuhkan dan juga mengetahui tentang versi-versi terbaru dari aplikasi ini.

Untuk menjajal player yang satu ini, Direkomendasikan untuk mendapatkannya lewat bantuan Synaptic Package Manager dan melakukan instalasi secara langsung. Atau dengan mengetikkan command berikut: “sudo apt-get install audacious” di terminal.

Dan jika memang mempunyai kemampuan sebagai seorang developer software, Anda pun dapat berkontribusi dalam proyek Audacious, karena Audacious ini merupakan sebuah free and open source software. Sehingga pada akhirnya, software ini akan mempunyai kemampuan yang semakin baik, lebih powerfull dan menjadi Winamp-nya Linux di hari-hari kedepan.

Posted in: IT, Linux, software