Tips Menolong Beban Harddisk

Posted on 19 Maret 2011

0


Mengefektifkan Harddisk

Teknologi storage dewasa ini telah menampilkan produk-produk dengan fasilitas penyimpanan data berukuran besar. Dan seiring dengan perkembangannya pula jenis harddisk berukuran terabite akan menjadi tren dalam waktu dekat ini, karena hal ini merupakan kebutuhan yang pastinya akan dinantikan konsumen untuk menangani masalah storage untuk data mereka.

Seberapa besar ukuran harddisk, suatu saat pasti akan berkurang dan habis, apalagi dengan kebiasaan seorang pengguna komputer yang jarang mem-backup data penting ataupun seringnya menyimpan data-data berukuran mega besar seperti HD video, film, album musik dan lain sebagainya. Beberapa kiat-kiat yang mungkin sedikit berguna dalam hal pengefektifan fungsi media storage ini antara lain,

  1. Backup-lah data berukuran besar yang memang kurang dibutuhkan untuk kebutuhan komputasi. Karena data-data seperti ini memang cukup membenani harddisk dan menjadikan kinerja PC menjadi berkurang. Contoh data besar yang dimaksud seperti file video atau musik yang sudah tidak pernah Anda gunakan.
  2. Install program yang relevan. Pengguna komputer umumnya sering memasang software yang tidak begitu dibutuhkan dan sering dihiraukan setelah dipasang. Walaupun software tersebut berukuran kecil, namun kebiasaan seperti ini lama-lama akan berimbas pada berkurangnya kapasitas harddisk dan menambah beban RAM dalam pemrosesan. Maka hapuslah program-program yang selayaknya tidak dipergunakan seperti game-game kecil.
  3. Gunakan aplikasi pembersih harddisk. Fungsi dari aplikasi ini bukanlah membersihkan data-data di harddisk dengan cara membabi buta, namun ia bersifat membantu membersihkan data sementara yang sebetulnya tidak dipakai oleh sistem. Untuk melakukan hal ini gunakanlah utility software seperti Ccleaner maupun TuneUp (berbayar).
  4. Perkecil ukuran data. Dengan menggunakan software kompresi seperti 7-zip, PeaZip (opensource), atau Winzip, kompreslah data-data besar yang memang Anda anggap memang penting. Meskipun hasil pengompresan seperti ini tidak serta merta efisien, namun akan sangat membantu dalam hal pengamanan data tersebut.
  5. Manfaatkan aplikasi Cloud Computing. Di internet sekarang telah banyak tersedia jasa-jasa penyimpanan file tanpa biaya sepeser pun. Seperti Flickr yang biasa digunakan untuk menyimpan data foto secara online dan dapat pula untuk sharing ke pengguna lain. Selain itu ada juga Photobucket, Google Docs, maupun SoundCloud (online music sharing and storage) dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan aplikasi komputasi awan seperti ini menjadikan ruang kosong di harddisk Anda akan bertambah beberapa GB.

Kiat-kiat seperti di atas akan sangat berguna bagi seorang pengguna notebook, karena sulitnya melakukan upgrading storage. Apalagi jika si notebook tersebut digunakan untuk keperluan komputasi sehari-hari, yang sebetulnya bukan pekerjaannya. Untuk itu mengefektifkan media penyimpanan harddisk memang sangat berguna, selain untuk menghindari berkurangnya kinerja dan kecepatan komputer atau notebook dalam menangani pemrosesan data di sistem.

Karena harddisk juga termasuk jenis perangkat keras yang memerlukan perawatan, maka kiat di atas juga salah satu cara untuk menolong harddisk agar tidak mengalami kerusakan data seperti bad sector, yang biasanya diakibatkan oleh penggunaan yang tidak sesuai aturan. Semoga bermanfaat.

Salam Open Source !🙂

Posted in: IT