Buku Murah Belum Tentu Murahan

Posted on 14 Februari 2011

0


Penggemar buku tak lain halnya adalah seorang yang pastinya senang jika berada di dekat buku, koleksi bukunya bisa puluhan-ratusan-bahkan hingga ribuan. Setiap waktu kita pasti sering mendengar pepatah bahwa “buku adalah jendela dunia”. Jendela bukan hanya tempat untuk keluar masuk atau ventilasi aliran udara di suatu ruangan, namun jendela dalam artian buku adalah suatu gerbang yang akan terbuka jika kita membuka buku lalu membacanya dan syukur-syukur memahami isi dari buku tersebut.

Di sebuah toko buku di kota Semarang, langsung saja saya sebut tokonya yaitu Toko Buku Gramedia. Merupakan satu dari sekian banyak toko buku yang cukup populer di kota yang saya tinggali ini. Kalau tidak salah terdapat 3 cabang Gramedia di Semarang, dan salah satu yang sering saya kunjungi adalah Gramedia Jalan Pandanaran atau tepatnya di sebelah barat Masjid Baiturrohman Simpang Lima. Seakan tidak pernah sepi dari pengunjung, Gramedia menyediakan berbagai jenis buku, mulai dari umum-teknologi-filsafat-kedokteran-pendidikan-dan lain sebagainya. Tak ketinggalan lagi berbagai majalah baik lokal maupun majalah import.

Kira-kira 1 bulan yang lalu saya menyambangi Gramedia ini, ada beberapa perubahan

ruang yang digunakan untuk menaruh rak-rak buku, selain itu ruangan untuk buku pun juga perlebar. Untuk ruangan baru ini, ternyata Gramedia menyediakannya khusus untuk buku-buku yang berdiskon, pihak Gramedia menamainya dengan program Gebyar Buku Gramedia. Di bagian tersebut pengunjung akan menemukan buku-buku dengan harga yang cukup fantastis alias murah meriah, walaupun buku-buku tersebut adalah terbitan lama. Tidak ada salahnya, karena seperti yang telah saya singguh di atas bahwa “buku adalah jendela dunia”, apakah itu buku terbitan jadul atau pun yang baru terbit sore tadi, yang terpenting adalah buku itu dapat kita manfaatkan dengan sebaik mungkin. Toh, buku mahal juga belum tentu berkualitas.

Buku Bluefish Linux

Kadang jika saya berkunjung ke toko buku ini, sering pula saya melihat ada beberapa pengunjung di Gramedia yang memborong bany

ak di bagian rak Gebyar Buku ini, karena harganya murah mungkin.

Lanjut lagi, di bagian Gebyar Buku ini terdapat berbagai macam jenis buku mulai dari komputer, novel, komik, buku-buku motivasi, agama, dan masih banyak lagi. Terkadang kita akan menemukan buku yang berhalaman tebal namun harganya cukup murah, yang biasanya harganya berkisar hingga ratusan ribu, namun di Gebyar Buku ini kita bisa mendapatkannya dengan harga puluhan ribu saja. Memang buku-buku yang berada di rak Gebyar Buku terkesan diacak, sehingga para pembeli harus meneliti dan melihat dengan jeli jenis buku-buku yang diinginkan, karena semua jenis dicampur dan dijadikan satu dalam rak buku

Sebagai penyuka buku, saya pun tidak melewatkan kesempatan ini. Saya sempatkan untuk mencari buku-buku tentang komputer, karena memang bidang saya. Kerap saya temukan buku yang cukup bagus dengan harga 10 ribu. Bagi Anda terutama yang berdomisili di Kota Semara

ng, tak ada salahnya menyempatkan diri mampir di Gebyar Buku Gramedia ini. Bukan bermaksud melakukan promosi ria. Namun sebagai sesama penggemar buku adalah hal yang lumrah jika kita bisa sharing mengenai tempat jualan buku dengan harga yang miring dan fantastis.

Yang terpenting adalah kita baca buku yang telah kita beli tersebut, Ingat-ingat lagi, karena murah belum tentu murahan. Manfaatkan buku dengan membacanya semoga ilmu yang kita dapat dari buku tersebut menjadi bekal kita untuk mengarungi samudra kehidupan.

Posted in: Sains