Touring Bareng Teknologi Yuk !

Posted on 9 Januari 2011

7


Makam Sunan Gunung Jati di Google map

Suatu waktu saya berpikiran dan berencana untuk touring ke kota Cirebon. Hanya sekedar hang-out ke beberapa tempat sejarah di Cirebon, salah satunya adalah makam Sunan Gunung Jati. Namun, ini hanya masih rencana dan belum sempat saya realisasikan , dikarenakan saya sebagai mahasiswa aktif semester 5 disambi dengan beberapa tugas yang dijamin dapat mengerutkan kening dan pikiran.

Pergi ke luar kota, sendirian, tanpa teman, tanpa tahu apa-apa tentang kota yang dituju tersebut, terus apa yang akan kita lakukan? Jawaban yang paling cocok untuk hal ini pastinya adalah bertanya kepada yang lebih berpengalaman. Di kota Cirebon, pastinya kita belum paham arah-arah maupun daerah yang akan kita singgahi, walaupun kita berani bertanya ke banyak orang, namun apakah kita akan terus bertanya. Nah, hal inilah yang sedang saya pikirkan sampai saat ini, ingin meminimalisir bertanya kepada orang lain dengan usaha sendiri🙂.

Sehari-hari sebagai mahasiswa Teknik Informatika, pasti tak akan lupa dengan yang namanya teknologi. Dari sini saya hampir lupa, kenapa saya tidak memanfaatkan teknologi untuk menggali informasi perjalanan saya nanti. Hmmm… Apakah kita harus membeli buku peta di Gramedia? Nggak usah lah ! Dengan teknologi Internet, Google Map kan sudah sangat membantu kita. Lalu, apakah kita harus bertanya alamat dari situs sejarah makam Sunan Gunung Jati kepada orang lain? Nah loh ! kalau yang satu ini, Google Search Engine akan menemani kita mencarikan alamat tepat makam Sunan Gunung Jati, dan saya jamin 1000% Google akan membawakan jawaban tepat untuk Anda.

Walaupun ada pepatah “malu bertanya sesat di jalan, kebanyakan tanya kan jadi nggak jalan-jalan.”😀 . Menurut saya, bertanya itu tidak harus kepada manusia, tapi bisa saja lewat buku ataupun media yang ada, contohnya adalah yang saya sebutkan di atas, teknologi internet. Internet menurut saya adalah media yang akan membantu kita dalam berbagai hal. Tanpa biaya yang banyak, tinggal pergi ke warnet dan browser pun akan membantu kita. Apalagi jika PC atau notebook pribadi telah terkoneksi ke internet, sebagai orang yang berfikir, kita pasti akan lebih banyak wawasan dengan bantuan internet ini.

Lanjut lagi ke Cirebon. Setelah arah dan tujuan ke kota Cirebon telah jelas berkat bantuan Internet, lebih baiknya kita mencatat informasi-informasi yang didapat tadi, yang nantinya pasti akan membantu kita saat menuju ke TKP (Tujuan Kita Pergi). Lebih enak lagi, jika kita mempunyai gadget yang mendukung fasilitas-fasilitas di atas, seperti fitur Google Map atau peta-peta internet yang sejenis, saya jamin 1000% lagi kita tidak akan linglung di sana. Gadget sejenis Ipad dan Blackberry adalah yang saya maksud.

Masalah itu pasti ada, kita juga perlu mewaspadai berbagai tindak kriminal di jalan. Karena untuk masalah ini aparat seperti polisi saja tidak dapat menjaminnya apalagi kita sendiri. Waspada, tetap “istiqomah” ke tujuan, dan yang penting adalah bekal “niat” dari kita.

Berikut adalah beberapa tips dari saya, jika Anda ingin touring atau bepergian,

  • Manfaatkan teknologi yang ada, Internet, handphone, obeng, gergaji, palu (nggak segitunya kalee) :hammer
  • Persiapkan perbekalan, niat itu pasti tapi tanpa uang kita bisa apa?😀
  • Siap mental menghadapi segala hal, di Terminal pasti banyak calo-calo alay detected, jangan sampai menyerah pada dia, kalau perlu hadapi dengan senyuman. ciisss:mrgreen:
  • Sediakan receh, jika Anda murah hati pasti banyak pengemis atau gelandangan yang naksir Anda, dan tidak ada salahnya untuk memberi beberapa rupiah, yang ikhlas ya !
  • Jika benar-benar tersesat, jangan malu bertanya pada seseorang, lebih diutamakan bertanya pada satpam atau polisi, karena kredibilitas mereka sudah diakui negara untuk membantu kita.😀
  • Hindari sikap “sok kaya!”, terlalu lebay nelpon di dalam bis itu bisa memicu preman mendekati kita, yang mereka incar adalah barang-barang berharga kita.
  • Dan yang terakhir adalah dokumentasi, inilah yang paling saya suka, dokumentasikan atau foto tempat-tempat mana saja yang kita singgahi atau terasa menarik di hati. Lalu upload ke internet. Dengan dokumentasi, akan menjadi bukti bahwa kita pernah menyambangi tempat ini. Tapi, jangan sampai narsis-narsis gitu ya ! :p

Selamat menikmati perjalanan Anda !🙂

Posted in: Internet, IT, Religi Area