Artikel Windows Banyak Dicari, tapi Linux?

Posted on 9 Desember 2010

2


statistik

Sudah hampir setahun saya merupakan pengguna setia OS Linux, yaitu Linux Mint. Distro turunan Ubuntu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Ubuntu versi-versi terbaru, namun yang sedikit membedakannya adalah tampilan. Kembali ke pembahasan, sempat saya menulis beberapa artikel tips dan trik yang berhubungan dengan OS Linux ini, namun dalam penelusuran statistik blog di WordPress ternyata artikel yang berbau Linux masih jarang dicari masyarakat atau pengguna komputer pada umumnya. Masyarakat masih banyak mencari tutorial maupun artikel Windows yang saat ini memang masih merajai pemakaian OS di Indonesia.

Di dalam blog ini pula saya juga sering menulis artikel maupun tips&trik yang berhubungan dengan OS Windows, dan menurut statistik WordPress, artikel-artikel tersebut ternyata masih sangat dicari oleh para pengguna internet. Blog saya pun sebenarnya menjadi sedikit tenar karena artikel tersebut. Berbeda dengan artikel yang berhubungan dengan OS Linux, perujuk-perujuk istilah Linux melalui mesin pencari (Google) masih jarang menghampiri blog saya.

Memang dalam hal ini pemakai Linux di Indonesia belum dapat menyaingi Windows. Walaupun saat ini Open Source Linux telah banyak berinovasi sehingga kemudahan pengoperasiaanya hampir mendekati Windows, namun masyarakat kita masih bimbang jika disuruh untuk 100% All Open Source. Saya pun demikian, editing gambar, video dan juga animasi masih sulit dilakukan melalui Linux. Dan untuk masalah seperti ini pula saya memilih Windows dengan segudang aplikasi dan kemudahannya.

Dan satu lagi masalah driver instalasi di Linux, yang jika orang awam (seperti saya ini) menemui masalah maka akan kalang kabut. Meskipun demikian, OS Linux merupakan OS gratisan yang mungkin akan kita butuhkan dalam hal IT, semisal pada server dan sebagainya. Dan jangan menganggap remeh hal-hal yang berbau Open Source.

Tahukah Anda bahwa Facebook, WordPress dan situs jejaring terkenal lainnya lahir adalah berkat bahasa pemrograman PHP yang juga merupakan Open Source.🙂

Posted in: Internet, IT, Linux