Wabah Kloning di Dunia Maya

Posted on 5 Desember 2010

0


Internet jika kita ketahui sebenarnya adalah media bebas berekspresi bagi siapa saja. Tak terkecuali untuk para artis, olahragawan, dan masyarakat pada umumnya. Kali ini saya menemukan suatu kebiasaan buruk para pengguna internet yang akan saya sebut dengan nama “kloning akun”. Dimana seorang pengguna internet akan membuat sebuah akun, entah itu Facebook, Twitter maupun jejaring sosial yang lain, tapi dengan nama artis atau olahragawan terkenal atau yang sedang nge-trend pada saat itu.


Twitter Asli Irfan Bachdim

Tidak dipungkiri lagi, kebiasaan ini sebenarnya sangat menyebalkan bagi kita, apalagi bagi si korban. Misalnya seperti yang dialami oleh seorang pemain Timnas Sepakbola kita yang saat ini memang sedang menjadi buah bibir masyarakat, dia adalah Irfan Haarys Bachdim atau lebih dikenal dengan Irfan Bachdim. Irfan mempunyai sebuah akun Twitter asli yang dibuat olehnya, namun seiring namanya dielu-elukan masyarakat Indonesia, ada juga yang membuat kloningan akun Twitter Irfan Bachdim. Bahkan lebih buruknya, akun kloningan ini seakan-akan adalah asli, dia (seorang pengkloning) selalu mengupdate status (nge-Tweet) kegiatan sehari-hari Bachdim.

Perlu kita ketahui bahwa akun Twitter asli Irfan Bachdim adalah IrfanBachdim10 yang saat ini telah mencapai lebih dari 85.000 followers.

Membuat akun kloningan merupakan hal yang tidak kita inginkan, namun saya juga pernah menemukan akun kloningan yang mempunyai sisi positif. Tepatnya di Facebook atas nama Hendra Setiawan pebulutangkis Indonesia, akun ini adalah sebuah Fan’s Page yang dibuat oleh seseorang (bukan Hendra) namun isinya adalah motivasi-motivasi untuk mendukung atlit kebanggaannya ini, dan seorang pembuat kloningan ini tentunya jujur dengan penggemar Hendra, bahwa akun yang dibuatnya memang bukan Hendra asli. Ini merupakan perbuatan yang cukup baik.

Pembuat Facebook fan’s site Hendra Setiawan ini juga sering kali berkata “Ni bukan FB ny Hendra.. Ni cuma Fans Club.. Ajang fans untuk mendukung dan menyemangati Hendra..”, jika memang ada seorang penggemar yang masih percaya akun ini adalah dari Hendra sendiri.

Memang sering kali kita menemukan hal-hal di atas, yang sering kali kita temukan di dunia maya. Kloning di dunia maya agaknya hampir mirip dengan kloning di dunia nyata. Dan apakah yang terjadi jika kloning manusia di dunia nyata memang terjadi? Pastinya akan menimbulkan keresahan dan kegoncangan bagi kehidupan dan peradaban manusia.

Salam hangat !🙂

Posted in: FTI, Internet, IT