Menilik 5 Kelebihan Irfan Bachdim

Posted on 5 Desember 2010

2


Irfan Bachdim

Pemuda blasteran Indonesia-Belanda yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Irfan Bachdim memulai penampilan resmi perdana bersama Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia pada perhelatan AFF Cup 2010 di GBK, Jakarta. Berseragam merah putih merupakan cita-citanya sejak kecil selama dia masih hidup di Belanda. Kedua orang tuanya selalu memberi support pada Irfan agar selalu tampil baik di setiap pertandingan.

Sampai detik ini saya menulis, Irfan Bachdim telah menjadi buah bibir di Indonesia. Di Twitter pun demikian, dua kali nama “Irfan Bachdim” terpampang di Trending Topic situs Microblogging paling beken di dunia maya tersebut, yaitu saat usai mengalahkan Malaysia dan Laos, mungkin karena penampilannya yang cukup memukau bersama El-Loco Gonzales cs. Tak khayal lagi, ia akan menjadi Trending Topic lagi jika penampilannya semakin memukau penonton. Jarang sekali, pesebakbola kita mencapai Trending Topic di Twitter.

Jika kita menilik individu dari Irfan Bachdim dalam bermain bola, maka kita akan menemukan beberapa kelebihan yang dimilikinya, di antaranya adalah

  • Kecepatan (Speed), Saat di lapangan, Irfan sering menampilkan speed yang mengagumkan. Dalam keadaan membawa bola maupun tidak, kecepatan berlarinya masih tetap sulit disaingi lawan. Terbukti saat ia menceploskan gol ke gawang Laos pada AFF Cup 2010. Lewat umpan dari Gonzales ia mengejar bola tanpa diketahui dan tak terkejar lagi oleh para pemain Laos sehingga ia dengan kecepatannya mampu membawa keunggulan 4-0 untuk Indonesia.

 

  • Kontrol, Menerima umpan lambung dengan mengontrol di bagian dada bukan merupakan hal yang mudah, namun irfan sering memperagakannya saat bertanding.

 

  • Power dan Akurasi Tembakan, Tidak seperti pemain-pemain lokal Indonesia lainnya, Irfan mempunyai power dan akurasi tembakan ke gawang yang bagus. Saat di Persema dia sering menunjukkan kelebihannya ini, juga saat tampil bersama merah putih. Saat ia mencetak gol ke gawang Laos adalah berkat kecerdikan Bachdim dalam hal akurasi tembakan. Untuk tembakan jarak jauh adalah ciri khas Belanda.

 

  • Dribbling & Technik, Jika membawa bola Irfan memperagakan gaya dribbling khas sepakbola modern, tak lain lagi adalah berkat ilmu yang dienyam saat masih di Eropa (Belanda). Sepakbola modern mempunyai gaya dribbling yang cukup khas dan tidak mudah direbut lawan, apabila kita melihat gaya dribbling Irfan, dia mampu melakukannya. Irfan bachdim juga mempunyai technik dribbling yang bisa dibilang keren. Technik-technik cantik sering ia peragakan saat bermain.

 

  • Style (Gaya Bermain), Karena dari kecil dia hidup di Eropa (Belanda) yang notabene adalah pusat sepakbola modern, Irfan memiliki gaya bermain yang berbeda dengan pemain lokal Indonesia. Style bermain modern lebih enak ditonton dan tidak menjenukan. Dan Irfan memilikinya. Tak khayal lagi jika ia membawa bola, penonton mampu tersihir dengan gayanya.

Karir juniornya dia mulai dari salah satu klub terkenal di Eropa yaitu Ajax Amsterdam. Kemudian ia masuk di HFC Harleem sebelum berlanjut di FC Utrecht. Saat ini ia bermain untuk Persema Malang. Walaupun demikian, Irfan Bachdim merupakan pemuda yang mempunyai masa depan sepak bola cemerlang. Lebih baiknya lagi jika ia masih bermain di Eropa, karena pengalaman di sana akan sangat berguna bagi Timnas Indonesia.

Kita doakan saja, agar karir pemuda ganteng ini semakin naik.šŸ˜€

Posted in: Info Olahraga