Akinori, Penemu Alat Konversi Plastik Ke Minyak

Posted on 18 September 2010

0


Akinori Ito

Plastik, meskipun penggunaannya di dunia modern sangatlah dibutuhkan, tapi masalah yang ditimbulkan oleh limbah plastik begitu membahayakan. Manusia saat ini banyak yang membuang limbah plastik non-biodegradable (plastik yang tak bisa terurai) ke laut dan menyebabkan pencemaran kualitas air laut. Selain itu, pembakaran berton-ton plastik pastinya juga akan menyumbangkan CO2 ke atmosfir yang mengakibatkan pemanasan global. Pembuatan barang-barang yang berplastik juga menyebabkan permintaan akan minyak bumi menjadi bertambah tinggi. Namun, bagaimana agar membuat limbah plastik ini lebih bermanfaat ? Tentunya adalah dengan mengolahnya kembali menjadi barang yang bermanfaat.

Akinori Ito, seorang CEO Blest, sebuah perusahaan di Jepang, telah menemukan sebuah “obat mujarab” untuk permasalahan plastik ini. Jika plastik berasal dari minyak, mengapa kita tidak dapat mengubahnya kembali menjadi minyak. Jadi, Akihito berhasil membuat sebuah mesin untuk melakukan pengubahan plastik kembali menjadi minyak, tanpa meninggalkan kesan aman, ramah lingkungan dan juga efisien untuk mesin yang berhasil dibuatnya

Pada EduWorld 2.0 dia mengatakan, “Apabila kita membakar plastik, maka pembakaran tersebut akan menghasilkan racun CO2 yang berjumlah besar. Dan apabila plastik kita konversi ke minyak, maka kita akan menyimpan CO2 dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai yang terkandung pada sampah plastik”.

Blest merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi mesin-mesin dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan industri atau untuk pengguna rumahan sederhana. Lebih dari 60 tahun produk-produk Blest telah digunakan di Jepang terutama untuk industri peternakan, perikanan, dan pabrik-pabrik kecil.

Satu kilogram sampah plastik dapat menghasilkan hampir satu liter minyak dan untuk menghasilkan satu liter minyak tersebut, mesin buatan Akinori itu hanya membutuhkan daya kira-kira 1 kilowatt listrik.

Ditandai: , ,
Posted in: Sains