Kesempatan Di Malam Ganjil

Posted on 4 September 2010

0


Moon (Stellarium)

Malam seribu bulan. Oh Indahnya. Malam seribu bulan. Buatku Melayang Hehehe. Wah, malah seperti lirik lagu yang judulnya Cinta Satu Malam. Allah SWT melalui beberapa ayat yang ada di dalam Al-Qur’an telah mengemukakan bahwa di Bulan Ramadhan terdapat sebuah malam yang dimana jika seseorang beribadah dengan kesungguhan hati maka insya Allah seorang tersebut akan mendapat balasan layaknya dia beribadah selama seribu bulan atau dapat kita katakan lebih baik dari seribu bulan.

Malam ini, di Bulan Ramadhan 1431 H tepatnya malam ke dua puluh lima (25). Udara terasa sangat nyaman, tidak panas, tidak dingin, angin tidak menunjukkan tanda-tandanya, langit pun cerah dengan dipenuhi bintang yang gemerlap indahnya, serasa sangat damai sekali. Di dalam beberapa kitab kuning menyebutkan bahwa diantara tanda-tanda Malam Lailatul Qodar adalah seperti yang telah saya paparkan di atas. Masya Allah.

Tapi apakah benar malam ini malam Lailatul Qodar ? Menurut saya suasana ini harusnya dipakai untuk menyemangati diri kita agar senantiasa beribadah kepada Allah dengan tekun dan istiqomah maupun meninggalkan maksiat-maksiat walaupun malam ini mendekati ciri-ciri Lailatul Qodar bahkan bukan Malam Lailatul Qodar.

Tidak ada yang mengetahui tepatnya malam seribu bulan ini. Para Ulama’ banyak yang berbeda penuturan maupun pendapat. Akan tetapi, ciri-ciri dari malam tersebut cukup jelas dan dapat kita ketahui. Ada yang menyebutkan malam 21, 23, 25 dan yang paling banyak adalah 27. Kenapa 27 ? Kemarin, saya sempat mendengar ceramah dari seorang Habaib bahwa di dalam Al-Qur’an kata Lailatul Qodar disebutkan sebanyak 3 kali, dan di dalam kata Lailatul Qodar tersebut mempunyai huruf hijaiyah sebanyak 9 huruf. Maka jika dikalikan hasilnya menjadi 27. Dan Wallahu A’lam untuk yang satu ini.

Alhamdulillah, mari kita sempatkan diri kita untuk beribadah di malam-malam ganjil tersebut. Walaupun satu rokaat Sholat malam, meskipun satu bacaan Dzikir, ataupun serupiah sedekah jika kita lakukan dengan hati yang Ikhlas, semoga Allah memberikan rahmat bahkan Ridho-nya untuk kita sebagai umat yang banyak kekhilafan ini.🙂

Wassalamu’alaikum.

Ditandai: ,
Posted in: Islam, Religi Area