Allmyapps Untuk Ubuntu dan Mint

Posted on 22 Juli 2010

0


Synaptic Package Manager bagi saya merupakan aplikasi yang ada di Linux Mint maupun Ubuntu yang mempunyai peran besar untuk melakukan perombakan aplikasi di dalam distro tersebut. Synaptic membantu dan memudahkan kita untuk melakukan install aplikasi yang telah dipaket-paket sesuai kategori masing-masing. Tinggal kita beri tanda centang atau cek pada aplikasi yang akan kita install lalu klik apply, maka otomatis Synaptic akan memasang aplikasi yang bersangkutan ke sistem kita, yang pasti kita juga harus terhubung ke internet.

Selain Synaptic, melalui GNOME Terminal pun juga tak kalah mudahnya, namun terlebih dahulu kita harus mengetahui nama aplikasi atau software yang akan kita install, ketik saja sudo apt-get install [paket aplikasi yang akan di install]. Untuk update, tinggal mengganti kata “install” menjadi “update”.

Satu lagi, sebagai Newbie di distro Linux Mint 9, saya menemukan situs yang akan memudahkan kita dalam urusan pemasangan paket-paket software untuk sistem kita. Di url browser Anda, masukkan http://ubuntu.allmyapps.com/install-pc, setelah muncul

allmyapps

halaman dengan gambar-gambar icon yang menarik perhatian kita dan itulah salah satu keunggulan allmyapps yang juga disertai dengan deskripsi paket seperti di Synaptic Package Manager.

Di bagian sidebar bagian kiri situs, terdapat banyak kategori-kategori yang di antaranya adalah Internet, Graphic, Video, Audio, Games dan seterusnya, yang tentunya akan sangat memberikan kita kemudahan mencari paket yang kita inginkan. Untuk melakukan instalasi secara langsung, sorot saja salah satu paket dan pilih install untuk memasang secara langsung, dan pilih list untuk melihat detail list dari paket tersebut. Sangat mudah.

Masuklah ke http://ubuntu.allmyapps.com/apps, di sana ada beberapa informasi mengenai Top Free Application, Most Installed Application, dan juga Last Update.

Allmyapps tersedia juga bagi pengguna Windows. Saat ini dengan banyaknya kemudahan install paket Ubuntu atau Mint, maka dengan itu akan memberikan kita semangat untuk ber-Tux ria [hehehe]. Meskipun kita tidak mempunyai DVD Repo, asalkan internet masih di samping kita, Everythings Gonna Be Installed.