ZTE MG880 di Linux Ubuntu

Posted on 21 Juli 2010

5


MG880 & Mint 9

MG880 & Mint 9

Bagi kita-kita pengguna Linux yang belum mempunyai atau tidak mampu untuk membeli DVD repository Ubuntu [hehe] pastinya akan kesulitan jika menemui hal-hal yang berbau driver di distro Mint atau Ubuntu. Bagaimana tidak ? Di saat kita selesai menginstall distro tersebut, pasti ada saja permasalahan-permasalahan yang muncul, ada yang monitor not detected, suara tidak keluar, wifi tak terdeteksi dan masih banyak lagi. Oleh karna itu, dibutuhkan koneksi internet untuk memecahkan beberapa masalah tersebut.

Awal mula menggunakan Mint 9 Isadora, segelintir problem menaungi saya, yang di antaranya adalah Mint tidak mendeteksi wifi CQ40 secara default sehingga saya harus menggunakan kabel LAN untuk terhubung ke internet dan menginstall driver wifi broadcom untuk Compaq CQ40-322 TU yang saya miliki ini.

Selanjutnya, karena saya juga mempunyai sebuah modem USB CDMA bermerek ZTE MG880 ber-SIM Card Starone, dengan sedikit berusaha akhirnya masalah pemasangan dan koneksi dengan modem tersebut juga terpecahkan. Untuk itu, di tulisan ini saya akan sedikit membeberkan betapa mudahnya melakukan pemasangan modem MG880 ke Linux Mint 9 Isadora.

Pertama, pasangkan MG880 ke komputer maupun laptop, lalu buka Terminal dan ketikkan lsusb yang dimaksudkan untuk apakah modem kita terdeteksi komputer, jika terdeteksi maka akan muncul tulisan di antara string-string usb lainnya.

Langkah kedua adalah memasang aplikasi bernama usb-modeswitch, bisa langsung lewat terminal dengan mengetikkan sudo apt-get install usb-modeswitch [ingat ! Komputer harus terkoneksi ke internet], atau melalui Synaptic Package Manager.

Masih di Terminal, setelah instalasi usb-modeswitch berhasil, menurut pengalaman instalasi yang saya lakukan kemarin maka langsung saja aktifkan modem dengan mengetik sudo usb-modeswitch. Kemudian keluar dari terminal dan buka menu, di bagian All Application sorot Preference dan pilihlah Network Connections.

Setelah Network Connections terbuka, langsung klik Tab Mobile Broadband dan klik juga Add. Jika modem terdeteksi, maka di bagian “Create a connection for this mobile broadband device:” akan menampilkan tulisan ZTE Incorporated ZTE CDMA Tech. Klik forward, kemudian pilih provider Indonesia, forward lagi dan centangi bagian I can’t find the provider and I wish to enter it manual untuk menuliskan “Starone” di bagian penulisannya. Lanjut forward dan klik Apply.

Dari step by step di atas maka akan muncul lagi jendela Editing Starone, isikan saja username Starone dan password Indosat, kemudian klik Apply. Dan akhirnya kita berhasil mengkoneksikan MG880 bersama Linux Mint 9 Isadora.

Untuk tutorial di atas sebenarnya juga dapat dipakai untuk melakukan instalasi beberapa USB Modem dengan merek selain ZTE. Yang terpenting adalah modem kita terdeteksi oleh komputer dan mempunyai pulsa yang cukup untuk surfing internet [hehe].

Go Tux !