Love Tux Mint

Posted on 20 Juli 2010

4


desktop mint

Sudah 4 semester saya arungi kuliah di bidang TI, banyak ilmu, wawasan maupun pengalaman mengenai hal-hal yang berbau teknologi. Termasuk juga mengenai Linux, walaupun saya merupakan pengguna yang masih sangat amatir (newbie) tapi rasanya senang sekali dapat ikut berkecimpung di dunia Open Source.

Awal mula saya menggunakan Linux adalah di saat pembekalan mata kuliah IT Lanjut, waktu itu materi yang disampaikan berupa tutorial dasar untuk ber-Linux mania, dengan memakai Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope. Dan ternyata saya menyadari Linux juga menyenangkan, selain 100% free, Linux merupakan operating system yang selalu berkembang dengan cukup pesat.

Saat ini, setelah berhasil meng-install OS Linux Mint 9 Isadora GNOME di laptop. Saya mencoba untuk belajar banyak dengan OS ini, dengan berlatih cara-cara menginstall aplikasi, mengaktifkan beberapa driver hardware yang belum terpasang, atau melakukan koneksi menggunakan USB Modem.

Seperti biasa, tampilan GNOME Linux Mint tidak jauh berbeda dengan Ubuntu versi-versi baru. Yang membedakan mungkin hanya di bagian warna latar, jika Ubuntu 10.04 lebih merah segar, Linux Mint 9 Isadora lebih hijau segar. Kemudian taskbar Mint hanya ada satu, dan paket aplikasi yang sedikit perbedaan di antara dua Distro tersebut.

Beberapa hari menggunakan Linux Mint, saya mencoba sedikit lebih variatif dalam mengelola penampilan desktop, dengan saya tambahkannya aplikasi seperti Cairo Dock dan Screenlet, maka desktop Mint yang saya pakai ini menjadi lebih Cool dan Fantastic mungkin, tidak berbeda jauh dengan penampilan OS Windows 7 yang saya pakai.

:mrgreen:😀

Sekarang ini, hampir sepanjang hari saya menggunakan Linux, bahkan hampir melupakan Windows, tak khayal memang jika sudah ketagihan maka sulit dilupakan. Sayangnya, saya sedikit kurang sreg dengan hanya pemberian 20 GB untuk OS Linux ini. Meskipun begitu dan karna masih Newbie, saya memang masih ketakutan jika beralih seluruhnya ke Linux.

Go Tux !

Ditandai: , , ,
Posted in: FTI, IT, Linux, Uncategorized