Lagi-lagi Facebook

Posted on 10 Juli 2010

2


HandDrawn Facebook

Beberapa waktu yang lalu saya dikabari oleh dua teman saya, bahwa mereka berniat ingin menonaktifkan akun jejaring sosial Facebooknya alias menghapusnya. Saya tidak banyak bertanya pada mereka, tetapi yang saya tahu adalah mungkin mereka kecewa bahwa ternyata keuntungan atau uang yang diraup oleh pihak Facebook inc. Sebagiannya adalah untuk pendanaan tentara Israel, yang waktu itu sedang santer-santernya melakukan penyerangan di salah satu kapal bantuan menuju Jalur Gaza.

Penyerangan tersebut jelas-jelas menusuk hati para kaum muslimin seluruh dunia, bahkan non-muslim pun ikut mengecam kebrutalan tentara Israel itu. Padahal, bantuan-bantuan yang ada di kapal yang bersangkutan tidaklah untuk tentara Palestin, melainkan untuk warga Palestin yang secara sosial sangat membutuhkannya.

Kembali ke masalah Facebook. Jejaring sosial ini memang luar biasa populer di kalangan masyarakat kita, anak muda, orang tua, dan juga seluruh kalangan, hampir semua mengetahuinya. Dari segi kemaslahatan jejaring sosial ini, tidak kalah dengan manfaat ponsel. Jika ponsel dapat digunakan untuk menghubungi atau bersilaturahmi dengan sanak atau famili nan jauh jaraknya, Facebook pun demikian, bahkan lebih dari itu. Inilah kelebihan internet, kelebihan teknologi masa depan.

Menurut saya, Facebook telah mempunyai suatu keistimewaan yang sebenarnya sekarang ini tidak dapat ditandingi oleh situs web jejaring sosial lain. Dengan database yang luar biasa, tampilan nan elok dan juga manfaat di dalamnya, itulah keistimewaannya. Kita bisa bercengkerama dengan berbagai teman. Sangat mudah, sangat familier bagi kita.

Selain itu, kelebihan Facebook juga banyak. Bagi yang ingin berdagang atau jualan barang apapun, mereka dapat memanfaatkan situs jejaring ini. Diskusi juga tidak kalah menarik jika dilakukan lewat Facebook. Dan satu hal lagi, yaitu Dakwah. Hmmm… Banyak kan !?
Namun, jikalau mereka yang akan menghapus akun Facebook dengan alasan-alasan tertentu seperti di atas, ya.. tidak ada salahnya, karna mereka juga peduli terhadap sesama muslim. Kita juga yang masih bernaung dengan Facebook harusnya juga lebih mengetahui apa manfaat Facebook dan dapat kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk kebaikan kita. Bukan hanya untuk hura-hura yang tak ada tujuannya, sehingga hanya akan menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Ya, beginilah Teknologi ! Baik dan buruknya, kitalah yang mengetahui !
Marilah kita manfaatkan !

Posted in: IT