Upgrade Vista ke Windows 7

Posted on 24 Desember 2009

13


7 yellow

Terbaru dan paling mutakhir dari versi lain, merupakan ungkapan yang cocok untuk Operating System yang satu ini. Mutakhir karena Windows 7 telah diklaim oleh banyak penggunanya sebagai OS yang terbaik dari Microsoft setelah Windows XP. Walaupun Vista gagal, tetapi para pecinta Microsoft telah diobati dengan hadirnya Windows 7 ini.

Windows 7 memang terlihat sangat dinamis, elegan dan menawan tanpa mengurangi kestabilannya. Walhasil, banyak pemakai Vista yang berkeinginan untuk merajut Windows 7. Jika Anda ingin langsung mengupgradenya dari komputer atau laptop yang ber-OS Vista, maka perhatikanlah beberapa hal berikut -:

  • Download software bernama Windows 7 Upgrade Advisor, lalu jalankan program tersebut untuk mengetahui bagian-bagian software atau driver Anda yang mungkin diharuskan untuk diupdate.
  • Vista Home Basic, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Ultimate
  • Vista Home Premium, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Ultimate
  • Vista Business, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Professional dan Windows 7 Ultimate
  • Vista Ultimate, hanya dapat diupgrade ke Windows 7 Ultimate (untuk lebih jelasnya lihat di gambar).
  • Vista 32 Bit diharuskan ke Windows 7 32 Bit.
  • Vista 64 Bit diharuskan ke Windows 7 64 Bit.

    upgrading vista to 7

Untuk cara upgrade sangat mudah dilakukan meskipun terkadang akan ada permasalahan tapi jangan khawatir, permasalahan yang sering terjadi adalah ada suatu program di Windows Vista yang kurang mendukung di lingkungan Windows 7. Untuk itu teruskan saja, karna bukan masalah besar.

Permasalahan yang paling mendetail untuk saat ini adalah dalam hal driver yang untuk masuk di lingkup Windows 7 harus diupdate agar sistem dapat berjalan lancar dan baik. Maka dari itu, diperlukan koneksi internet setelah Windows 7 selesai terinstall. Dan jangan lupa back-up harddisk Anda jika diperlukan.

Keuntungan dari cara mengupgrade dari pada Clean Install atau instal ulang adalah folder-folder maupun setingan program di dalam sistem Windows 7 tidak akan banyak berubah seperti di Windows Vista sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai step-by-step cara upgradenya, lihatlah video singkat dari CNET.com di sini.

Posted in: IT