MG880 di Ubuntu

Posted on 19 Desember 2009

2


ZTE MG880

Sebagai mahasiswa jurusan Informatika, saya sebenarnya dituntut untuk tidak bejubel menguasai OS Windows saja, tetapi Linux pun harus mampu. Dasar-dasar Linux memang belum banyak saya kuasai. Dengan adanya dua OS di notebook saya Vista dan Ubuntu, malahan kenapa saya jarang membuka Ubuntu kalau susah-susah nginstall OS Ubuntu.

Kemarin Alhamdulillah, sempat ada kiriman Shipit yang mampir di rumah saya yakni Ubuntu 9.10 Karmic Koala. Dengan begitu langsung saya install ke notebook yang telah ada Ubuntu 9.04 nya untuk diganti 9.10. Sehabis menginstall tersebut, ya cuma terbengkalai. Jarang diutak-atik karna malas dan kurang pengetahuan mengenai Open Source.

Mungkin saya akan lebih bersemangat jika di OS Ubuntu diberi kemudahan dalam menginstall modem USB atau driver-driver lain😀 . Di Windows, tinggal klik next, next dan berakhir ke finish maka driver akan sempurna  terinstall di sistem. Namun coba saja di ubuntu atau Open Source lain ? harus paham terminal, beserta trik-triknya untuk sekedar menginstall sebuah driver.

Memang itulah kerepotan kalau kita memakai sistem operasi yang terbuka (open source), walaupun repot asalkan kita terbiasa dan menguasai pasti akan mudah. Dan dibalik semua itu pasti akan lebih menambah pengalaman dalam hal source code.

Telah saya coba dengan berbagai tips yang didapat dari internet, tapi Modem USB CDMA ZTE MG880 selalu gagal di pasang di Ubuntu. Yah, maklum karna kurang ilmu. Atau mungkin pembaca dapat membantu untuk menyelesaikan masalah ini.

Ubuntu merupakan OS Open Source gratis. Saya lebih menyukai Ubuntu karna sangat cocok untuk pemakaian rumahan dengan banyak aplikasi-aplikasi yang telah terpasang ke dalam OS tersebut.

Sebagai mahasiswa jurusan Informatika, saya sebenarnya dituntut untuk tidak bejubel menguasai OS

Windows saja, tetapi Linux pun harus mampu. Dasar-dasar Linux memang belum banyak saya kuasai.

Dengan adanya dua OS di notebook saya Vista dan Ubuntu, malahan kenapa saya jarang membuka Ubuntu

kalau susah-susah nginstall OS Ubuntu.

Kemarin Alhamdulillah, sempat ada kiriman Shipit yang mampir di rumah saya yakni Ubuntu 9.10

Karmic Koala. Dengan begitu langsung saya install ke notebook yang telah ada Ubuntu 9.04 nya untuk

diganti 9.10. Sehabis menginstall tersebut, ya cuma terbengkalai. Jarang diutak-atik karna malas

dan kurang pengetahuan mengenai Open Source.

Mungkin saya akan lebih bersemangat jika di OS Ubuntu diberi kemudahan dalam menginstall modem

USB atau driver-driver lain😀 . Di Windows, tinggal klik next, next dan berakhir ke finish maka driver akan sempurna  terinstall di sistem. Namun coba saja di ubuntu atau Open Source lain ? harus paham terminal, beserta trik-triknya untuk sekedar menginstall sebuah driver.

Memang itulah kerepotan kalau kita memakai sistem operasi yang terbuka, walaupun repot asalkan kita terbiasa dan menguasai pasti akan mudah. Dan dibalik semua itu pasti akan lebih menambah pengalaman dalam hal source code.

Telah saya coba dengan berbagai tips yang didapat dari internet, tapi Modem USB CDMA ZTE MG880

selalu gagal di pasang di Ubuntu. Yah, maklum karna kurang ilmu. Atau mungkin pembaca dapat

membantu untuk menyelesaikan masalah ini.

Ubuntu merupakan OS Open Source gratis. Saya lebih menyukai Ubuntu karna sangat cocok untuk

pemakaian rumahan dengan banyak aplikasi-aplikasi yang telah terpasang ke dalam OS tersebut.

Posted in: FTI, IT, Linux, software