Anti Korupsi Dengan Simbah Kakung

Posted on 8 Desember 2009

4


tikus korupsi

Usai bangun pagi meskipun mata masih enggan untuk diajak bersemangat, tapi hati ini masih ingin menatap Sang Khaliq untuk bangkit dan beranjak wudlu menunaikan Subuhan (Sholat Subuh) yang termasuk dalam Fardlu lima waktu. Alhamdulillah pagi yang terasa mengesankan bagi saya, setelah Sholat kemudian sebentar buka laptop untuk online.

Buka-buka Facebook lalu menemukan tulisan (note’s) yang ditulis oleh seorang Ulama kharismatik asal Rembang, beliau adalah Simbah Kyai Musthofa Bisri. Dalam akun Facebook beliau yang bernama “Simbah Kakung” tersebut, simbah menulis sebuah catatan untuk menyinggung permasalahan Korupsi. Di dalamnya simbah menuliskan bahwa sekiranya nanti saat tanggal 9 Desember 2009 tiba, yang merupakan hari anti korupsi sedunia walaupun kita bukan siapa-siapa di dunia tapi alangkah baiknya untuk turut menyumbang aspirasi anti korupsi dalam bentuk apapun, terserah kemampuan masing-masing.

Saya sangat terkesan dengan tulisan Simbah ini, dengan lebih jelasnya beliau memberikan penuturan bahwa kita bisa memerangi atau berjihad melawan korupsi dengan cara seperti menulis artikel, puisi, cerpen, novel, drama, atau apa saja yang menyangkut korupsi dan bisa menggelitik. Kita juga bisa membuat sebuah karikatur, status atau notes di Facebook, membuat tulisan di sticker, pamflet, spanduk, baliho, di kaos, di kaca mobil, di bak truk, atau lainnya asalkan tetap menyangkut korupsi.

K.H Musthofa Bisri

Ditambahkan lagi oleh Simbah, dengan menyinggung dalam sambutan, pidato,
ceramah, tulisan, atau lainnya yang menyangkut korupsi dan bicarakan di kantor, di warung kopi, atau dimana saja. Dan yang paling penting adalah laporkan tindakan korupsi ke polisi dan KPK.

Note’s Facebook yang diawali dengan ditulisnya ayat Al-Qur’an yaitu surat Al-Baqoroh ayat 205 dan surat An-Nisa’ ayat 64 tersebut kemudian tulisan diakhiri beliau dengan do’a yang artinya “Ya Alloh aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan yang rusak dan dapat membuat kerusakan”. Tulisan ini pun seakan-akan mendorong kita untuk melakukan suatu hal yang berguna menyangkut korupsi di hari anti korupsi sedunia 9 Desember 2009.

Menurut saya, korupsi merupakan masalah yang sangat pelik dan kompleks di negeri ini, badan hukum pun sering terjerat dengan kasus yang satu ini. Nah, badan hukum saja terjerat apalagi yang lainnya.

Oleh sebab itu, lakukanlah apa saja di hari Anti Korupsi tersebut, sempatkan lontaran kata ataupun kalimat ataupun do’a yang menyangkut korupsi di Indonesia maupun Dunia, mudah-mudahan dengan hal tersebut bisa berguna bagi kita semua. Semoga Alloh melindungi kita dari perbuatan hina dan perbuatan-perbuatan Syaitan yang terkutuk. Amin.

Wassalamu’alaikum.

Posted in: Islam, Religi Area