Pulau Millenium yang Luar Biasa

Posted on 17 September 2009

3


Pulau Milenium dan Letaknya

Pulau Milenium dan Letaknya

Di gambar yang terlihat, merupakan suatu kekayaan alam yang luar biasa dan kuasa Illahi. Inilah Pulau Milenium, terletak di ujung selatan Kepulauan Line di Samudra Pasifik Selatan. Pulau tak berpenghuni ini merupakan bagian dari Republik Kiribati, sebuah negara kepulauan yang terdiri dari 32 atol. Pulau milenium terbentuk dari beberapa pulau kecil yang terbangun di atas terumbu karang. Terumbu karang yang kini berkembang di sekitar rendaman puncak gunung berapi, meninggalkan cincin karang di sekitar laguna. Pulau-pulau di atas permukaan air terutama terdiri dari batu kapur dan pasir yang berasal dari karang.

Pada ketinggian maksimum sekitar 6 meter (19,7 kaki) di atas permukaan laut, Pulau Millennium telah diidentifikasi sebagai pulau yang terkena dampak peninggian air laut oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pulau Millenium yang tampak dalam foto astronot ini, di dalamnya terlihat daerah tumbuhan hijau yang tidak beraturan dan mengelilingi laguna. Perairan yang ada di tengah pulau Millenium dan  berwarna biru tersebut merupakan perairan dangkal atau lebih dangkal dari perairan sebelah luar pulau. Pulau Millenium juga mempunyai dua pulau terbesar, yaitu Nake Islet dan Islet Selatan, kedua pulau terbesar ini terletak di sebelah utara dan selatan Pulau Millenium. Ekosistem Pulau Millenium masih alami, karena belum ada campur tangan dari manusia.

Source : geology.com

Ditandai: , , ,
Posted in: Sains