Surga Rindu Pada Kita

Posted on 8 September 2009

2


shalat

Surga Merindukanmu

Bismillah.

Kuparkirkan motorku di sebuah Masjid besar di daerah Jalan Wolter Mongonsidi Semarang untuk menunaikan Sholat Isya’ sekaligus Sunnah Tarawih dan Witir. Sore itu, aku baru pulang menghadiri acara buka bersama di sebuah tempat yang bisa kita namakan Panti Asuhan dan Majlis Ta’lim, yang diselenggarakan oleh salah satu LSO ber-ruh Islami, Fakutas Teknik UNISSULA.

Tarawih berjalan selama 8 raka’at dan empat kali salam. Setelah Tarawih selesai, Sang Imam yang kebetulan adalah seorang guru kemudian memberikan sedikit ceramah agama sebelum dilanjutkan ke Sholat Witir 3 raka’at. Diselingi dengan banyak guyonan, ceramah yang kurang lebihnya berinti mengenai “4 amalan yang dikangeni Surga” tersebut sebenarnya enak didengar dan sangat patut kita lakukan.

Di akhirat, Allah telah menciptakan Surga dan Neraka. Di dalam sebuah Hadist menyebutkan, Surga itu sebenarnya sangat rindu terhadap orang yang melakukan 4 perkara, yang di antaranya adalah :

  • Orang yang suka membaca Al-Qur’an.

Tentunya kita mengetahui bahwa, Al-Qur’an itu diturunkan Di bulan Ramadhan yang mulia ini, oleh karena itu banyak Musholla dan Masjid melakukan suatu tadarusan (membaca) Al-Qur’an secara bersama-sama sehabis Isya’. Banyak juga orang yang menghatamkan Al-Qur’an di dalam Bulan Ramadhan, karna membaca Al-Qur’an dalam Ramadhan itu pahalanya sangat besar. Lakukanlah secara Istiqomah, dan Insya Allah kita akan diberi Hidayah dari – Nya.

  • Orang yang bisa menjaga lisan.

Ini mungkin sangat sulit untuk kita jalani, walaupun cuma sebatas menjaga lisan dari hal-hal yang membuat hati orang terluka. Diam itu emas, itulah kata pepatah. Orang yang bisa menjaga lisan atau tutur kata sehingga tidak menyakiti orang lain, pasti Allah akan memberikan sesuatu yang istimewa di Akhirat nanti. Amin.

  • Orang yang  memberi makan fakir miskin.

Di saat bulan puasa seperti ini, memberi suatu Ta’jilan kepada tetangga walaupun semangkuk kuah itu pahalanya sangat besar sekali, karna Rasulullah pernah menyebutkan dalam sebuah Hadist.

Jika kita mempunyai kelebihan dalam hal harta, alangkah baiknya jika kita sering-sering memberi makan terhadap orang yang membutuhkan, bukan hanya fakir miskin, tapi semua kaum muslimin.

  • Berpuasa di Bulan Ramadhan.

Telah disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa seluruh umat Islam itu diwajibkan berpuasa di Bulan Ramadhan. Surga itu sebenarnya sangat rindu sekali terhadap orang-orang yang selalu berpuasa Ramadhan dengan bersungguh-sungguh.

Kita hidup, bukanlah Surga tujuannya, melainkan Allah-lah tujuan kita. apapun ibadahnya hanya niat Lillahi Ta’ala yang diterima. Dengan ini, semoga kita bisa  selalu melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Wallahu A’lam.

Posted in: Islam