Kebiasaan “Ini” Jangan Ditiru

Posted on 31 Agustus 2009

0


Mohon maaf, kalau judul di atas agaknya kurang mengenakkan di mata beberapa orang, tapi tak apalah, ini mungkin kebebasan kita dalam mengemukakan argumen umum dan memang sekarang kenyataan buruk sudah banyak beredar di antara masyarakat kita terutama masyarakat “artis” Muslim kita yang tingkah laku ataupun tata tertib akhlak yang kurang berkenan dan tidak dapat di “ma’fu” oleh kita sebagai Muslim.

Dari judul, saya ingin sedikit sekali memberikan sebuah catatan penting kepada Anda tentang bagaimana cara berjabat tangan dan merangkul untuk masyarakat atau santri muslim.

Sering sekali apabila kita melihat acara-acara di media televisi yang mempertontonkan sebuah adegan yang sebenarnya itu adalah kebiasaan orang-orang Yahudi, contohnya adalah berjabat tangan diselingi rangkulan antara lawan jenis yang biasa dilakukan “para artis” tanpa ikatan apapun.

Berjabat tangan dan merangkul ini, aslinya adalah kebiasaan masyarakat Arab yang sampai di negeri kita dan merupakan Sunah. tetapi saat ini yang sangat kita sayangkan adalah adegan yang mestinya dilakukan oleh sesama jenis, sekarang malah kebablasan. Hal ini penyimpangan dari norma-norma agama karena mereka telah menjiplak budaya barat begitu saja. Sungguh sayang !

Dalam sebuah kitab telah disebutkan bahwa, “Mengecup (dahi/pipi) kalau dilakukan dengan syahwat itu hukumnya haram, meski dilakukan oleh orang tua sendiri terhadap anaknya, bahkan memandangpun, kalau syahwat, haram hukumnya, walaupun terhadap kerabat sendiri, apalagi orang lain”.

Oleh karena itu, sebagai orang Muslim alangkah baiknya jangan mudah untuk melakukan hal-hal yang mungkin tidak kita ketahui hukumnya apalagi seperti hal di atas yang telah gamblang dilarang oleh Islam.

Ini merupakan kenyataan pahit masyarakat “artis” muslim kita.

Ditandai: ,
Posted in: Islam