Sedikit Pengetahuan dalam Ramadhan

Posted on 23 Agustus 2009

2


ramadhanPosting saya ini semoga bisa bermanfaat bagi saudara sekalian, yang agaknya kurang memahami istilah-istilah dalam bulan Ramadhan nan Berkah ini. Walaupun kadang kala mungkin Anda sudah pernah mendengar ataupun melakukannya tapi tidak ada salahnya jika kita mengetahui sebuah pengertian dari hal-hal yang berbau bulan Ramadhan ini,

Berbagai istilah yang mungkin kita tahu dan dikenal dalam rangkaian kegiatan ibadah bulan Ramadhan antara lain :

HISAB dalam Ramadhan, maksudnya menghitung jumlah hari dalam bulan Ramadhan, Hisab ini dilakukan untuk menentukan awal pergantian suatu bulan dalam Islam.

IMSAK, adalah saat-saat di mana kita mulai menahan diri dari berbagai hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita seperti makan, minum, dan lain sebagainya.

FIDYAH, kita tahu fidyah ini bisa diartikan adalah suatu sedekah (bahan pangan) yang diberikan kepada fakir miskin atau orang yang membutuhkan, atas ganti ketidakmampuan seseorang dalam menjalankan puasa Ramadhan.

IFTHAR, orang Indonesia biasa menyebutnya buka puasa.

TA’JIL ASH-SHAUM, maksud artinya adalah menyegerakan untuk berbuka puasa, hal ini merupakan sunah.

ISGHAT, Memasukkan apapun (obat) ke dalam lubang hidung saat puasa, hal ini dalam kitab Qalyubi wa ‘Umayrah disebutkan melakukan isghat akan membatalkan puasa.

KAFARAT PUASA, kafarat ramadhan artinya suatu hukuman yang dikenakan kepada pelaku pelanggar ketentuan agama dalam hal ibadah puasa Ramadhan. Misalnya, bila seseorang tidak mampu berpuasa maka ia harus mengganti puasa tersebut dengan memberi makan 60 orang miskin sesuai standar makanan orang yang berkafarat tadi.

QADHA’ PUASA, mengganti puasa Ramadhan di bulan-bulan lain sesuai seberapa banyak ia tidak berpuasa di bulan Ramadhan. Hukumnya Wajib

QIYAMUL LAIL, bangun tidur di tengah malam untuk menjalankan ibadah sunnah seperti Tahajjud, Tadarus Qur’an, Witir dan lain-lain.

Ditandai: ,
Posted in: Islam, Religi Area