Terhindar Dosa dengan Sholat Dhuha

Posted on 19 Agustus 2009

0


dhuhaSemoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya pada kita semua, terutama pada beliau yaitu Hadhratus Syaikh Romo KH Asrori Al Ishaqi, seorang guru besar Toriqoh Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah yang telah wafat kira-kira pada jam 2.20 pagi tanggal 18 Agustus 2009 kemarin. Beliau merupakan sosok yang patut kita teladani kiprahnya dalam membina akhlaq umat Islam di negeri tercinta ini. Allahu Akbar.

Sedikit akan saya paparkan salah satu ceramah dari Kyai Asrori pada waktu beliau masih hidup, yang mempunyai tema “Terhindar Dari Dosa”.

Cara kita dapat terhindar atau meninggalkan dari dosa insya Allah ada lima cara, yang salah satunya akan saya tuliskan di sini adalah Istiqomah dalam Sholat Dhuha. Ada sebuah pertanyaan, kenapa para Ulama Shufiyyah mempraktekkan pada kita untuk melakukan sholat Dhuha secara istiqomah agar kita terhindar dari dosa ?

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim kemudian diriwayatkan Imam Abu Daud dan diriwayat Imam Nasa’i yang maksudnya “setiap pagi dan setiap pergelangan tangan itu harus ada shodaqohnya karna itu semua adalah nikmat dari Allah SWT dan setiap seorang yang membaca Subhanallah itu harus dishodaqohi dan bacaanmu Alhamdulillah itu harus dishodaqohi dan dzikirmu itu harus dishodaqohi dan takbirmu itu juga harus dishodaqohi dan orang yang mengaku mengajak kebaikan juga harus dishodaqohi”. Maksud dari shodaqoh tadi bisa kita artikan mensyukuri.

Melihat dan memahami hadist di atas, maka apakah akan cukup dihadapan Allah jika kita mensyukuri hal tersebut  satu persatu ?. Berapapun ucapan Subhanallah, Alhamdulillah, Takbir dan Dzikir yang kita ucapkan maka haruslah kita shodaqohi, maka itu tidak akan mungkin kita lakukan. Tetapi Rasulullan menjawab, “Semuanya itu sempatkanlah dengan dua raka’at sholat Dhuha”.

Untuk semua kebaikan dunia bahkan akhirat, maka sempatkanlah untuk sholat Dhuha.

Kita seringkali merasa bersyukur, tapi sebenarnya syukur yang sering kita lakukan ini adalah untuk keuntungan kita sendiri. Tapi lihatlah do’a dalam sholat Dhuha yang artinya itu lebih baik dari dunia ini. “Ya Allah, jika rizki saya itu di dalam bumi, maka keluarkanlah rizki tersebut” ini merupakan sepenggal arti do’a dalam sholat Dhuha.

Alhamdulillah, marilah kita selalu istiqomah dalam melakukan sholat sunah terutama sholat Dhuha. Gantungkanlah diri kita pada Allah. Semoga Allah selalu memberi rahmat-Nya. Amin.

Ditandai:
Posted in: Islam