Lihatlah Rasi Bintang Perseus dengan STELLARIUM (Free)

Posted on 12 Agustus 2009

4


rasi bintang perseus

rasi bintang perseus

Jika Anda sudah gemas ingin melihat seperti apa hujan meteor Perseid tiba, ternyata hujan meteor itu akan terlihat juga di bumi Indonesia. Menurut penuturan Thomas Jamaluddin saat diwawancarai tim Kompas.Com, dia menuturkan bahwa meteor ini dapat terlihat di seluruh Indonesia. Dia adalah seorang pakar Astronomi dari Indonesia yang saat ini bekerja di LAPAN.

Meteor ini akan terlihat di langit bagian Timur Laut Indonesia. Lihatlah dengan mata telanjang, karna meteor ini bisa terlihat tanpa kita menggunakan teleskop. Puncak dari hujan meteor ini akan terjadi kira-kira jam 3-4 pagi tanggal 13 Agustus 2009.

Masalahnya, bila Anda berada di kota besar maka salah satu penghalang bagi Anda untuk melihatnya adalah gemerlap lampu di sekitar Anda. Saya sarankan sempatkanlah untuk ke tanah lapang terdekat, yang jauh dari gemerlap lampu-lampu kota untuk melihat kebesaran Allah tersebut.

Perseid merupakan sebuah pemberian nama, karena meteor ini muncul di dekat Rasi Bintang Perseus. Seperti apa rasi bintang Perseus itu ? Untuk melihat secara digital, maka download lah software bernama Stellarium. Yang tersedia di situs http://www.stellarium.org.

Stellarium merupakan freeware yang berbentuk Opensource yang telah dimodifikasi dan dapat digunakan bagi pengguna Windows dan MacOs. Gambar-gambar langit yang diperlihatkan sungguh menawan dan seperti aslinya. Versi terbarunya yaitu STELLARIUM 0.10.2 telah tersedia di internet.

DOWNLOAD STELLARIUM 0.10.2 (WINDOWS)

Posted in: Internet, software