Tanggal Paling Bersejarah di Ramadhan

Posted on 11 Agustus 2009

5


ramadhan mubarak

ramadhan mubarak

Assalamu’alaikum.

Menantikan datangnya bulan Ramadhan merupakan suatu kebaikan. Karna bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan dan bulan di mana diturunkannya Al-Qur’an, sehingga bulan ini disebut juga Syahrul Qur’an.

Sambil kita menanti-nanti dengan suka cita akan datangnya bulan ini, ada baiknya kita membuka kembali catatan-catatan penting mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang bulan Ramadhan.

Di bawah ini merupakan tanggal ramadhan, tahun hijriyah, dan peristiwa yang saya anggap sangat penting dan bersejarah bagi kaum muslimin sekalian.

1 Ramadhan (587 H), direbutnya gerbang pembuka menuju kota suci Yerussalem, gerbang itu adalah sebuah kota yang bernama ‘Asqalan

2 Ramadhan (732 H), lahir seorang bapak sosiologi Islam, Ibnu Khaldun.

3 Ramadhan (11 H), pada hari itu merupakan hari berkabung umat islam, karena hari itu meninggal seorang yang sangat istimewa di mata Nabi dan juga kaum muslimin umumnya yaitu Sayyidah Fatimah Az-Zahra. Beliau merupakan istri Nabi Muhammad SAW.

7 Ramadhan (361 H), Masjid Jami’ Al-Azhar Mesir didirikan. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Jauhar Ash Shiqili atas perintah Khalifah Dinasti Fatimiyyah. Dan pada tahun 378 fungsi dari masjid tersebut ditambah menjadi Universitas Al-Azhar yang sekarang ini terkenal di seluruh penjuru dunia.

17 Ramadhan (2 H), dibawah pimpinan Rasulullah SAW, kaum muslimin berhasil mengalahkan kaum musyrikin dalam Perang Badar.

17 Ramadhan (40 H), khalifah Ali Bin Abi Thalib RA wafat karena dibunuh oleh Abdurrahman bin Muljam Al Khariji dengan pisau beracun.

18 Ramadhan (21 H), sahabat Nabi yang pemberani dan piawai dalam memimpin pasukan perang, Khalid bin Walid, wafat.

20 Ramadhan (8 H), bersama 10 ribu pasukannya, Rasulullah SAW menuju Makkah untuk membebaskan kota tersebut dari kaum musyrikin.

21 Ramadhan (sebelum Hijriyah), Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi dan Rasul.

26 Ramadhan (658 H), hari diangkatnya Abdul Malik bin Marwan sebagai khalifah Bani Umayyah

28 Ramadhan (92 H), dimulainya pembebasan Andalusia oleh Gubernur Musa bin Nushair, dan sebagai panglima pasukan adalah seorang Thariq bin Ziyad.

30 Ramadhan (43 H) / 5 Januari (664 M), wafatnya Amru bin Ash, beliaulah yang membebaskan Mesir dari tangan Kerajaan Romawi pada waktu itu.

Itulah peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah pada bulan Ramadhan, sebenarnya masih ada peristiwa-peristiwa lain dan belum sempat saya tulis, tapi saya rasa ini sudah cukup dan semoga kita dapat mengetahui sekaligus mentauladani peristiwa pada hari-hari yang penting tersebut. Amin.

Wassalamu’alaikum.

Posted in: Islam