Memahami Histogram

Posted on 4 Agustus 2009

0


Membuka-buka majalah Komputer Aktif edisi 131, saya menemukan artikel yang membahas mengenai manfaat Histogram dalam foto.

Manfaat yang akan kita dapatkan dalam pemahaman mengenai Histogram ini salah satunya adalah kita akan mendapatkan foto dengan pencahayaan sesuai keinginan dan lebih baik. Dan rata-rata kamera digital saat ini telah mempunyai fasilitas Histogram ini.

Pencahayaan Kurang

Pencahayaan Kurang

Histogram ini sebenarnya adalah sebuah grafik yang membantu mengevaluasi atau menilai aspek-aspek teknis foto secara akurat. Karna dengan Histogram kita bisa mengetahui apakah foto tersebut mempunyai kontras yang tinggi atau rendah.

Pencahayaan Cukup

Pencahayaan Cukup

Pada kamera digital yang mempunyai fasilitas ini, biasanya Histogram akan muncul sesaat setelah kita menekan rana, sesudah foto yang kita bidik tersimpan ke dalam kartu memori. Grafik dalam Histogram tersebut menunjukkan distribusi cahaya pada foto bersangkutan, dimana sumbu X mewakili jenis tonal warna dalam skala warna 255, dari hitam (0) ke putih (255), dan sumbu Y akan menghitung keseringan setiap nada warna tampil pada foto tersebut.

Untuk sedikit lebih mengetahui, jika kita mempunyai foto yang terlalu terang, maka akan ditandai dengan memuncaknya grafik di ujung kanan bilah Histogram. Dan foto yang gelap atau berpencahayaan kurang akan menunjukkan kondisi yang berseberangan dengan Histogram dalam foto yang terang.

Foto yang mempunyai pencahayaan cukup, akan ditunjukkan dengan Histogram yang rata dan grafik berkumpul ditengah.

Ditandai: , ,
Posted in: Foto