Mbah Surip Ke Mana-Mana, Ke Mana Ya ?

Posted on 4 Agustus 2009

2


Bismillah
Assalamu’alaikum

Sempat menggegerkan dunia musik nasional karna hits-hits  single terbarunya di tahun 2009, seorang yang biasa dipanggil dengan panggilan Mbah Surip ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa 4 Agustus  2009 di Jakarta sebelum sempat dilarikan ke RS PUSDIKKES Jakarta Timur.

Pria dengan nama lengkap Urip Arianto dan kelahiran 4 Mei 1949 ini, meninggal diduga karna serangan jantung. Walaupun sudah tua seperti itu, tetapi Mbah Surip selalu menampakkan penampilan yang nyentrik layaknya seorang musikers reggae. Dan salah satu kebiasaan kesehariannya adalah menikmati kopi minimal 20 gelas setiap hari dan merokok sedikitnya 3 bungkus. Sungguh, Mbah Surip ini.

Urip Arianto alias Mbah Surip

Urip Arianto alias Mbah Surip

Sering kali telah diutarakan oleh para Ulama’, bahwa kematian itu tidak akan bisa kita sangka-sangka kapan, di mana, bagaimana, dan dalam keadaan apa. Karna Allah-lah yang mengetahui,  Allah Maha Mengetahui. Kita cuma bisa melakukan apa yang terbaik di jalan Allah agar esok jika kita telah meninggal, akan mempunyai simpanan amal di akhirat yang berguna.

Mengenai kebiasaan Mbah Surip, sebenarnya ini bukanlah suatu perilaku atau kebiasaan yang sepatutnya kita tiru diusia yang sedemikian tua itu. Tapi apalah daya, dunia yang bergelimpangan materi, harta kekayaan, dan kenikmatan sesaat ini, mudah sekali membelokkan seseorang yang mempunyai iman pas-pasan.

Untuk itu, yang diperlukan bagi kita umat manusia  saat ini adalah sebuah kekokohan iman, sehingga kita tidak akan terkena imbas keburukan dunia ini, walaupun dunia dilihat indah oleh mata, didengar enak oleh telinga, dan dirasa sejuk dijiwa, tapi itu hanyalah tipu belaka. Dan keabadian adalah di akhirat nanti. Kebahagiaan di akhirat, tak ada tandingannya di dunia.

Walaupun demikian, saya tidak akan menyinggung mengenai kekurangan Mbah Surip. di mata saya Mbah Surip adalah orang tua yang gigih dan pekerja keras tanpa putus asa untuk menghidupi 4 anaknya.

Semoga amal-amal kebaikan Mbah Surip di dunia ini diterima di sisi Allah SWT. Amin.
Mbah Surip Ke Mana Ya ?

Wassalamu’alaikum

Posted in: Islam