Satu Kedipan

Posted on 15 Maret 2009

0



Seberapa kecepatan mata bekerja? Tanyalah kepada Vijay Balasubramsianian. Ilmuwan dari Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat, berhasil menghitung kecepatan mata mengirimkan jutaan data-data yang direkam retina menuju otak. Kata Vijay, kecepatan transmisi data dari mata setara dengan kecepatan koneksi Ethernet (pada computer), yaitu 10.000.000 hingga 100.000.000 bit per detik. Itu artinya satu kedipan mata bisa mengirimkan 100 juta huruf.

Untuk menghitung kecepatan itu, Vijay melakukan uji coba pada babi. Caranya, Vijay menanamkan  semacam electrode pada saraf maat babi. Lalu, di depan mata dipertontonkan video salamander yang tengah berenang di dalam tangki air. Electrode yang telah terpasang kemudian menghitung arus listrik yang dikeluarkan sel-sel mata babi.

Dia menghitung, paling tidak 100.000 sel ganglion mata babi mentransmisikan 875.000 bit informasi per detik ke otaknya. Berdasarkan data itu dia memperkirakan, mata manusia, yang mempunyai sel ganglion mata sepuluh kali lebih banyak disbanding mata babi, mempunyai kemampuan transmisi yang setara dengan kecepatan koneksi Ethernet (pada computer).

Sumber : Majalah

Ditandai:
Posted in: Sains